Objek Wisata Air Panas Ciater Subang Jawa Barat

Air Panas CiaterAlam selalu menyediakan yang terbaik untuk manusia, sama halnya dengan Objek Wisata Air Panas Ciater Subang, yang memiliki bagi manfaat bagi kesehatan kita. Tidak sekadar dapat merelaksasikan tubuh yang sekian lama mengerjakan berbagai rutinitas dengan air panas, namun kandungan belerang yang terkandung di dalamnya juga bagus untuk menyembuhkan bebagai penyakit, antara lain yang berhubungan dengan kulit dan tulang, jika dilakukan perawatan secara teratur.

Analisis inilah yang membuat Objek Wisata Air Panas Ciater Subang dipilih oleh turis dalam negeri maupun macanegara saat berlibur. Sebuah penelitian balneologi mengungkapkan bahwa selain belerang, mata air panas mineral juga ada yang mengandung kalsium, magnesium, klorida, sulfat, thermo, maupun hyperthermia dengan kadar alumunium tinggi (38,5 equiv persen) dan tingkat keasaman mencapai PH 2,45.

Sebenarnya, ada beberapa sumber mata air panas sebagai Objek Wisata Alam Indonesia yang tersedia. Namun Objek Wisata Air Panas Ciater Subang dikelola dengan baik, termasuk dibangunnya berbagai fasilitas wisata. Mata air ini mengalir ke sungai sepanjang 200 m dan tentunya telah merubah dingin dan dimanfaatkan oleh penduduk untuk pengairan sawah-sawah mereka. Menurut para petani, hasil panen yang mereka dapatkan lebih baik ketimbang mempergunakan air biasa.

Objek Wisata Air Panas Ciater Subang terletak di jalan Raya Subang dan sangat mudah diakses dengan menggunakan angkot maupun kendaraan pribadi. Jika Anda datang dari arah Jakarta lewat puncak menuju Subang, jaraknya adalah sekitar 200 km dan waktu tempuh 5 jam. Jika Anda daang dari arah Purwakarta, Anda hanya perlu menempuh jarak 185 km. Perjalanan Anda meskipun lama, tentu dijamin tidak akan membuat Anda bosan. Subang dikenal memiliki udara yang sejuk. Ada pula perkebunan teh yang menghampar luas.

Area pemandian Objek Wisata Air Panas Ciater Subang dibagi menjadi beberapa tempat. Di area terbuka, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk membayar tiket masuk. Itulah sebabnya tempat begitu ramai dan justru membuat anda tidak bisa rileks.

Lalu, ada kolam pemandian yang airnya mengadung belerang. Apa saja fasilitas yang bisa Anda dapatkan di sini? Anda bisa mendapatkan ruangan lebih nyaman juga ruang bilas. Areal ketiga adalah kelas VIP. Jika Anda ingin privasi yang lebih, Anda bisa memilih salah satu ruangan yang dibangun secara tertutup. Anda juga mendapatkan minuman ringan gratis, sampo, dan sabun. Di sini, juga disediakan air dingin untuk membilas tubuh yang sudah terendam dalam air belerang. Suhu air panas sebenarnya adalah 44 derajat celcius. Itu yang terdapat di gunung tangkuban perahu. Tapi, suhunya menurun begitu dialirkan ke kolam sehingga hanya berkisar 40 derajat celcius.

Selain pemandian, di Objek Wisata Air Panas Ciater Subang ada pula beberapa fasilitas lain yang tersedia, yaitu tempat bermain anak-anak, kuda tunggang, delman, suvernir, tempat golf dan kolam pancing. Untuk akhir pekan, ada atraksi tari tradisional khas Kabupaten Subang juga panggung terbuka yang menampilkan hiburan untuk pengunjung.

Hotel juga menyediakan seratus kamar dengan berbagai kelas yang dapat anda pilih. Bagian luarnya dirancang mengikuti arsitektur lokal, dilapisi dinding bambu (bilik), ijuk atau sirap. Setiap kamar dilengkapi kamar mandi air panas dan kolam renang khusus. Untuk makanan tersedia di Kedai Sunan Ambu yang buka 24 jam dan masih ada beberapa restoran yang buka pukul 08.00-23.00 WIB.