Objek Wisata Alam Pulau Asu Nias

Pulau Asu NiasAsu merupakan sebuah pulau kecil dengan pantainya yang cantik. Pulau terpencil ini termasuk dalam Kepulauan Hinako dan merupakan salah satu pulau terluar Indonesia. Luas pulau ini kurang lebih 18 km dengan penghuni tetap sekitar 20 kepala keluarga. Bagi anda yang ingin melepaskan diri dari rutinitas kehidupan kota yang membosankan, Objek Wisata Alam Pulau Asu ini memberi semua yang anda inginkan. Situasi yang tenang, nyaman, serta keramahan warga setempat.

Di Objek Wisata Alam Pulau Asu ini, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas, mulai dari berjemur di pantai, berenang, tracking keliling pulau, memancing, hingga surfing. Meskipun lokasi Objek Wisata Alam Pulau Asu sangat terpencil dan jauh dari failitas yang mewah, hal ini tidak mengurangi minat untuk berkunjung.

Objek Wisata Alam Pulau Asu memiliki pantai yang sangat indah dengan air yang sangat jernih serta butiran pasir yang lembut. sejauh mata memandang, terlihat birunya langit yang bertemu dengan birunya laut di batas horizon. Nyiur pohon kelapa yang melambai tertiup angin berpadu dengan irama ombak menjadikan suasana terasa damai dan tenang.

Di pantai yang ada di Objek Wisata Alam Pulau Asu, Anda dapat berjemur, berenang, menyelam, atau hanya sekadar bermain-main. Bagi yang suka berselancar. Namun, anda juga harus berhati-hati karena dibeberapa tempat pantai ini memiliki karang karang yang tajam.

Jika ingin menikmati petualangan yang berbeda, menjelajah pulau mungkin dapat menjadi pilihan yang patut dicoba. Anda dapat mengitari pulau Asu dengan berjalan kaki mengikuti garis pantai. Di sepanjang jalan, kemungkinan Anda akan menemukan daun subang-subang (scaveola tacada), penduduk lokal menyebutnya daun rafe-rafe. Daun ini termasuk sulit ditemukan di tempat lain selain di Objek Wisata Alam Pulau Asu, dan berfungsi sebagai obat anti diabetes.

Bagi anda yang suka memancing, Objek Wisata Alam Pulau Asu ini menyediakan perahu yang dapat disewa. Memancing di malam hari akan menjadi pengalaman tersendiri. Langit tanpa awan dan dihiasi bintang-bintang akan menjadi pemandangan yang sangat menakjubkan, ditambah lagi plankton yang berpendar di sekitar kapal menciptakan suasana magis yang selalu anda kenang.

Objek Wisata Alam Pulau Asu masuk dalam wilayah kecamatan Sirombu, Kabupaten Nias, Sumatera utara. Untuk mencapai kesana, Anda dapat menggunakan pesawat dari bandara Polonia di Medan ke Bandara Binaka di Gunung Sitoli, Kabupaten Nias. Dari Gunung Sitoli anda melanjutkan perjalanan ke sirombu dengan waktu tempuh 2 jam. Dari Sirombu ada 2 pilihan untuk menuju ke Objek Wisata Alam Pulau Asu. Anda dapat menumpang kapal reguler atau menggunakan speed boat.

Jika Anda memilih menggunakan kapal reguler, Anda hanya membayar Rp 30.000,-/orang dengan waktu tempuh 2 jam hingga sampai Objek Wisata Alam Pulau Asu. Jika Anda memilih untuk menggunakan speed boat, Anda hanya memerlukan waktu 40 menit dengan biaya Rp 100.000,-/orang.

Meskipun lokasinya terpencil, Objek Wisata Alam Pulau Asu memiliki beberapa fasilitas yang dapat anda nikmati. Di pulau ini terdapat beberapa kompleks cottage sederhana. Masing-masing kompleks cottage sederhana. Masing-masing kompleks terdiri dari 5 unit rumah panggung. Harga sewa bervariasi tergantung dari pintar-pintarnya Anda menawar.

Selain cottage, di Objek Wisata Alam Pulau Asu ini juga terdapat warung ataupun rumah makan yang menyediakan makanan untuk para wisatawan. Jika Anda ingin mendapatkan fasilitas yang lebih nyaman dan lengkap, Anda dapat kembali ke Sirombu untuk menginap disana.

Itulah sedikit review tentang Objek Wisata Alam Pulau Asu Nias pada kesempatan kali ini. Baca juga rekomendasi Objek Wisata Alam Indonesia berupa Objek Wisata Alam Pulau Sempu Malang pada artikel sebelumnya. Semoga salah satu pulau ini bisa menjadi referensi wisata Anda berikutnya!