Objek Wisata Alam Sungai Ciberang Lebak Banten

Objek Wisata Sungai CiberangSungai Ciberang adalah salah satu Objek Wisata Alam Indonesia yang berada di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Sungai yang memiliki lebar 50 m ini bersumber dari pegunungan halimun dan merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat di sekitarnya. Sungai ini juga menjadi tempat wisata dan area arung jeram.

Objek Wisata Sungai Ciberang Lebak Banten memiliki nuansa pemandangan alam yang indah. Di tepi sungai, terdapat pepohonan yang beraneka ragam, tebing tebing yang unik, dan berbagai macam bentuk bebatuan. Selain itu, di sekitar sungai juga terdapat area persawahan dan perkebuan menghijau. Semua pemandangan itu merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Jarak tempuh bagi Anda yang ingin arung jeram di Objek Wisata Sungai Ciberang ini adalah 10 km dengan waktu tempuh 3 jam. Khusus yang berpengalaman, dapat melanjutkan 15 km. Lokasi arung jeram dimulai dari kampung Muara, Desa Banjar Sari, Kecamatan Lebakgendong, dan berakhir di kampung Leui Bujal, kecamatan Cipanas. Keistimewaan arung jeram yang ada di Objek Wisata Sungai Ciberang ini adalah menjorok ke sungai, dam-dam yang curam, dan bebatuan yang menghadang.

Untuk menuju lokasi Objek Wisata Sungai Ciberang ini, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Perjalanan dapat dimulai dari terminal Bogor dengan angkot jurusan Bogor-Jasinga dengan tarif sekitarr Rp 12.000,-. Anda juga dapat naik jurusan Bogor-Rangkas Bitung dengan tarif sekitar Rp 10.000,-. Kemudian bagi yang menggunakan kendaraan pribadi dari arah Jakarta, dapat menempuh perjalanan lewat Balaraja dengan jarak tempuh sekitar 100 km. Anda yang mnggunakan kendaraan ribadi dari arah Serang dapat lewat Rangkas Bitung dengan jarak perjalanan sekiitar 80 km.

Untuk memasuki Objek Wisata Sungai Ciberang, pengunjung tidak dipungut biaya. Namun, tarif untuk arung jeram adalah Rp 185.000,-/orang. Di area Objek Wisata Sungai Ciberang ini terdapat penginapan, warung makan, mushala, parkir luas, tempat bermain, tracking trail, dan persewaan peralatan arung jeram. Bagi wisatawan yang berarung jeram, akan mendapatkan fasilitas makan, soft drink, snack, asuransi, water games, dan tempat mandi.