Objek Wisata Gunung Agung Bali

Gunung Agung BaliGunung Agung merupakan gunung tertinggi di pulau Bali. Gunung berapi ini mulanya memiliki ketinggian sekitar 3.142 mdpl, namun setelah meletus pada tahun 1963 diperkirakan ketinggianya turun menjadi 3.014 mdpl. Bagi masyarakat Bali, gunung agung ini adalah gunung suci yang merupakan pertanda keagungan yang maha kuasa.

Objek Wisata Gunung Agung Bali termasuk Objek Wisata Alam Indonesia sebagai tempat pendakian terkemuka dan banyak dikunjungi oleh pendaki. Anda bisa menyajikan panorama kepulan asap dan semburan pasir dan kerikil dari lubang kawah yang menganga dengan diameter 500 m. Jika cuaca sedang cerah, dari puncak gunung, Anda dapat menikmati pemandangan kota-kota disekitarnya.

Objek Wisata Gunung Agung Bali terletak di kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, provinsi Bali. Untuk mencapai kesana, dapat memulai perjalanan dari Denpasar dengan jarak sekitar 25 km k arah utara. Alternatifnya lainnya, Anda dapat menempuh perjalanan dari kota semarapura ke pura Besakih menggunakan bemo dengan biaya sekitar Rp 5.000,-.

Untuk aktivitas pendakian di Objek Wisata Gunung Agung Bali, Anda dapat menempuh 2 jalur. Rute dari Pura Besakih boleh dibilang cukup populer karena melalui rute ini anda akan sampai di puncak Gunung Agung. Dari besakih, Anda dapat menempuh perjalanan hingga ketempat perkemahan selama 4 jam dengan berjalan kaki. Selanjutnya, pendakian terakhir melewati punggung gunung yang cukup datar hingga mencapai puncak Gunung Agung dengan waktu tempuh 2 jam.

Pendakian dari Pura Pasar Agung menuju puncak memakan waktu antara 3-4 jam dan perjalanan yang di tempuh sulit karena medan yang dilalui lebih terjal dibandingkan dengan rute Objek Wisata Gunung Agung Bali sebelumnya.

Aktivitas pendakian di Objek Wisata Gunung Agung Bali dianjurkan dilakukan pada musim kemarau, antara bulan Juli-September. Pada musim hujan, rute pendakian lebih berbahaya karena licin dan suhu di puncak dapat turun secara drastis. Lengkapi diri Anda dengan pakaian tebal, lampu, serta perbekalan secukupnya. Untuk memudahkan pendakian di Objek Wisata Gunung Agung Bali, wisatawan dapat menyewa jasa pemandu dengan biaya sekitar Rp 150.000,- sampai Rp 300.000,-.

Selain itu, apabila memerlukan peralatan mendaki di Objek Wisata Gunung Agung Bali, Anda dapat menyewanya di sekitar lokasi pendakian. Jika ingin menyewa penginapan untuk istirahat atau sekedar menunggu waktu memulai pendakian, Anda dapat menginap di Pura Besakih maupun Pura Pasar Agung atau menyewa losmen di sekitar Pura yang ada di Objek Wisata Gunung Agung Bali.