Objek Wisata Pantai Batakan Pelaihari Kalimantan Selatan

Pantai Batakan PelaihariObjek Wisata Pantai Batakan Pelaihari terletak di sebelah selatan kota Pelaihari, Kalimantan Selatan. Meskipun terbilang baru, pantai ini cukup ramai dikunjungi pada akhir pekan dan hari-hari libur lainya. Sebagai salah satu tempat objek wisata andalan. Pemerintah daerah setempat mengelola Objek Wisata Pantai Batakan Pelaihari ini secara serius. Hal ini terbukti dengan telah dibangunnya fasilitas pendukung.

Objek Wisata Pantai Batakan Pelaihari memiliki hamparan pasir putih tempat Anda berjemur, berenang, atau bermain voli pantai. Ombak di pantai Batakan Pelaihari ini relatif kecil sehingga aman jika Anda ingin berenang di bibir pantai. Di pantai ini juga tersedia jasa perahu motor dan kuda yang dapat dipergunakan untuk menyusuri pantai.

Setelah puas menikmat keindahan Objek Wisata Pantai Batakan Pelaihari, Anda dapat mengunjungi pulau datu yang terletak di lepas pantai. Pulau tersebut sering dikunjungi orang yang ingin berziarah ke makam Datu Pamulutan, seseorang ulama di kabupaten Tanah Laut yang semasa hidupnya gemar sekali menangkap burung dengan pulut (getah). Dan pada sore hari, Anda dapat menunggu saat-saat matahari tenggelam sambil bersantai di pondok, shelter, dan warung yang terdapat di Objek Wisata Pantai Batakan Pelaihari.

Keberadaan Objek Wisata Alam Indonesia ini semangkin lengkap dengan digelarnya ritual nelayan pada bulan Juli atau Agustus setiap tahun. Ritual yang dilakukan untuk mendapatkan berkah dan keselamatan bagi nelayan tersebut dilakukan di Papadangan, sebuah tempat yang berjarak 1,5 km dari Objek Wisata Pantai Batakan Pelaihari.

Dikawasan Objek Wisata Pantai Batakan Pelaihari terdapat pasar, toko, dan warung yang menyediakan berbagai kebutuhan, seperti makanan, minuman, isi ulang pulsa, dan perlengkapan memancing. Jika Anda ingin menginap, Anda dapat mnyewa cottage, wisma, dan homestay yang terdapat dikawasan sekitar pantai ini. Di kawasan tersebut juga tersedia lahan perkemahan yang luas dan aman.