Objek Wisata Taman Laut Raja Ampat Papua

aman Laut Raja AmpatBagi para penyelam dan pecinta dunia taman bawah laut, Papua adalah surga penyelaman yang menyajikan kekayaan biota laut yang mengagumkan. Salah satu yang terkenal adalah Objek Wisata Taman Laut Raja Ampat. Kawasan ini dijuluki sebagai Coral Reef Paradise atau Surganya terumbu karang oleh para penyelam dunia. Lokasi Objek Wisata Taman Laut Raja Ampat ini terletak di Papua Barat.

Raja ampat adalah kabupaten baru hasil pemekaran kabupaten sorong dengan luas wilaya 4,6 juta hektar. Sekitar 85% luas wilayah tersebut merupakan lautan, sementara sisanya adalah gugusan pulau dan karang atol sejumlah 610 pulau. Dari ratusan pulau buluh hanya 35 pulau yang dihuni oleh penduduk asli.

Kepulauan raja ampat tidak hanya dianggap sebagai Objek Wisata Alam Indonesia berupa taman laut terbesar di Indonesia namun juga diyakini memiliki kekayaan biota laut terbesar di dunia. Terkuaknya panorama Objek Wisata Taman Laut Raja Ampat bermula ketika seorang penyelam ulung berkebangsaan belanda bernama Maxx Ammer mengunjungi kawasan ini tahun 1990.

Objek Wisata Taman Laut Raja Ampat merupakan kawasan terumbu karang dengan kekayaan biota laut terbesar di dunia, memiliki setidaknya 1300 spesies ikan, 600 jenis terumbu karang, serta 700 jenis kerang, belum lagi berbagai jenis kura-kura, ganggang, dan ubur-ubur. Kekayaan ini paling besar di seluruh area segitiga koral dunia yaitu Pilipina, Indonesia, dan Papua Nugini.

Dengan begitu luasnya perairan Objek Wisata Taman Laut Raja Ampat Papua serta kekayaan biota lautnya yang beragam, maka anda bisa memilih titik untuk memulai penyelaman. Di sekitar pulau Kri, Anda dapat menyaksikan keindahan terumbu karang serta berbagai jenis ikan yang sangat menakjubkan, termasuk jenis Queensland Grouper, kuwe, kakap, kerapu, hiu karang, tuna, napoeleon wrasse, barracuda, serta giant trevelly.

Titik penyelaman lainnya yang ada di Objek Wisata Taman Laut Raja Ampat Papua adalah di Sardine Reef dengan kedalaman sekitar 10 meter. Tempat ini menyajikan berbagai jenis ikan termasuk parrotfish yang memiliki warna cemerlang. Apabila ingin mencoba sensasi berada dalam terowongan batu karang, Anda dapat menyelam sekitar Kepulauan Kaboei Bay Rock. Di sana terdapat sebuah teluk yang di bawahnya merupakan sebuah terowongan batu karang. Kaboei Bay Rock juga terdapat gua-gua karang yang dihuni ole kelelawar, serta di beberapa tempat ditemukan sisa-sisa tulang manusia.

Masih banyak lagi titik-titik penyelaman yang ada di Objek Wisata Taman Laut Raja Ampat Papua yang bisa Anda telusuri, seperti di The Passage, Pulau Fam, serta Pulau Misool. Selain menikmati kekayaan biota laut, Anda dapat pula menikmati situs-situs sejarah bawah laut, diantaranya kapal perang serta pesawat tempur yang karam di perairan Objek Wisata Taman Laut Raja Ampat Papua. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menikmati keindahan pulau-pulau dikawasan Objek Wisata Taman Laut Raja Ampat Papua dalam keadaan masih perawan, laguna, dan teluknya masih terlindungi, memiliki hamparan pantai yang mempesona, serta air laut yang jernih.

Anda yang berminat mengunjungi Objek Wisata Taman Laut Raja Ampat Papua dapat bertolak dari Jakarta atau kota-kota besar lainnya menuju Bandara Domine Eduard Osok, Sorong, Papua Barat. Penerbangan dari Jakarta menuju Sorong biasanya transit terlebih dahulu di Makassar atau Manado. Dari Bandara Domine Eduard Osok, Anda bisa segera melanjutkan perjalanan menuju Objek Wisata Taman Laut Raja Ampat menuju cepat berkafasitas 10 orang dengan biaya sekitar Rp 3,2 juta sekali jalan selama 4 jam.

Tidak ada tiket khusus untuk memasuki kawasan perairan Objek Wisata Taman Laut Raja Ampat. Hanya saja, ongkos untuk menyewa kapal motor, peralatan penyelam, serta instruktur berkisar antara ratusan ribu hingga jutaan rupiah dalam sekali penyelaman. Proses menyelam biasanya dilakukan berkali-kali untuk menikmati titik-titik penyelaman yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, para penyelam disarankan berkelompok untuk menekan jumlah pengeluaran yang relatif mahal.

Di kawasan Objek Wisata Taman Laut Raja Ampat Papua, Anda dapat memperoleh fasilitas yang memadai di beberapa resort yang ada, seperti di Pulau Kri, Waigeo, Mansuar, serta Misool. Beberapa resort menetapkan harga yang relatif mahal karena menyuguhkan fasilitas yang lengkap. Jika Anda datang dengan anggaran lebih rendah, resort milik pemerintah bisa menjadi pilihan.

Alternatif lain untuk menikmati Objek Wisata Taman Laut Raja Ampat Papua adalah dengan cara memilih menginap di atas kapal dengan menyewa kapal Pinisi yang telah di modifikasi khusus untuk kegiatan penyelaman beberapa hari. Kapal ini memiliki kafasitas maksimal 14 orang dengan biaya sekitar 90 juta hingga 110 juta untuk pelayaran selama seminggu.

Demikianlah informasi tentang Objek Wisata Alam Indonesia tentang Objek Wisata Taman Laut Raja Ampat Papua pada kesempatan kali ini. Simak juga objek wisata alam taman laut sebelumnya tentang Taman Laut Bunaken. Semoga bisa menjadi inspirasi kunjungan wisata Anda!