Objek Wisata Alam Gunung Bromo Jawa Timur

Gunung BromoGunung Bromo adalah gunung aktif yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang diresmikan oleh pemerintah pada tahun 1997. Luasnya 5.250 hektar dan berada pada ketinggian 2.393 mdpl. Dari puncak Objek Wisata Alam Gunung Bromo, Anda dapat melihat kawah yang lebar dengan kepulan asap yang keluar dari dasar.

Objek Wisata Alam Gunung Bromo terletak antara Kabupaten Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, dan Malang, Jawa TImur. Namun, secara administratif kawasan ini merupakan bagian dari Kabupaten Probolinggo Jawa Timur.

Objek Wisata Alam Gunung Bromo dapat dicapai dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Anda dapat menempuh 2 rute perjalanan untuk mencapai Gunung Bromo:
  1. Rute pertama, melalui pintu barat dari arah Pasuruan. Perjalanan ini terbilang berat karena tidak bisa dilalui dengan kendaran roda empat biasa, kecuali jenis Jip. Jika Anda memalui jalur ini, sebaiknya berjalan kaki dari Desa Wonokitri yang berjarak 13 km dari Objek Wisata Alam Gunung Bromo.
  2. Rute kedua, melewati pintu utara dari arah Probolinggo untuk menuju Objek Wisata Alam Gunung Bromo. Dengan melewati jalur ini, Anda dapat menggunakan kendaraan apapun karena jalan yang dilalui tidak terlalu curam. Jika Anda ingin menyaksikan lautan pasir, maka disarankan untuk melalui pintu utara. Sebaliknya, jika Anda ingin menyaksikan sunrise, maka lebih praktis melewati pintu barat.
Desa terdekat untuk mencapai Objek Wisata Alam Gunung Bromo dari arah Probolinggo adalah Desa Cemorolawang. Desa ini bisa dicapai dengan menggunakan angkutan umum dari Probolinggo, dan dari Cemorolawang Anda menuju Objek Wisata Alam Gunung Bromo dengan menyewa kuda, jip, ataupun berjalan kali.

Jika Anda ingin menginap, terdapat berbagai penginapan hingga tingkat hotel. Berbagai macam rumah makan, wartel, toko cinderamata, maupun MCK, semua tersedia di Objek Wisata Alam Gunung Bromo ini.

Demikianlah artikel tentang Objek Wisata Alam Gunung Bromo Jawa Timur, yang merupakan Objek Wisata Alam Indonesia yang patut dibanggakan. Bandingkan juga dengan objek wisata gunung sebelumnya tentang Objek Wisata Gunung Binaiya Maluku. Semoga salah satunya bisa menjadi pilihan Anda untuk dikunjungi!