Objek Wisata Gunung Inerie Flores Nusa Tenggara Timur

Gunung Inerie memiliki ketinggian 2.245 mdpl. Bagian gunung yang berhutan lebat hanya terdapat di sebelah barat lereng gunung, sedangkan hutan dilereng bagian selatan telah di konversi menjadi daerah perkebunan. Sebagian besar hutan yang terdapat di dalam kawasan Objek Wisata Gunung Inerie ini terletak pada ketinggian 1000-1500 mdpl. Gunung Inerie ini pernah meletus pada tahun 1882 dan 1970 dan ramai dikunjungi pendaki ketika musim kemarau, yakni antara bulan Juni hingga Agustus.

Dari puncak Objek Wisata Gunung Inerie Flores ini, Anda bisa dengan leluasa melihat pemandangan yang indah. Pemandangan Kota Bajawa di sebelah barat laut dengan kabut tipis diatasnya tampak seperti kota-kota kecil dan tua di Eropa. Sedangkan dibagian selatan tampak birunya laut Sawu yang menempel rapat di kaki gunung. Di sisi Selatan, terdapat sebuah batu besar yang diyakini sebagai penjelmaan dari sosok Jaramasi beserta kuda tunggangannya. Menurut legenda, Jaramasi adalah seorang satria penjaga Gunung Inerie.

Objek Wisata Gunung Inerie terletak di Bajawa, ibukota Kabupaten Ngada, Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Dari Kupang, Anda dapat naik pesawat menuju Ende. Setiba disana, perjalanan dilanjutkan menuju Bajawa yang berjarak sekitar 61 km. Kemudian, perjalanan dilanjutkan dengan angkutan sewaan menuju Desa Bena sejauh 15 km. Inilah desa terakhir sebelum menuju kawasan Objek Wisata Gunung Inerie Flores Nusa Tenggara Timur.

Mungkin tidak selengkap fasilitas Wisata Gunung yang ada di Objek Wisata Gunung Galunggung, tapi di desa Bena yang merupakan desa terdekat menuju Objek Wisata Gunung Inerie, Anda bisa memilih tempat menginap dan juga warung makan sebelum melakukan aktifitas pendakian. Dan pastinya, hal ini sama sekali tidak berpengaruh bagi pengunjung. Karena Gunung Inerie termasuk Objek Wisata Alam Indonesia yang patut dikunjungi.