Objek Wisata Pulau Bulupoloe Malili

Pulau BulupoloeObjek Wisata Pulau Bulupoloe terletak sekitar 20 km dari Malili. Arti Bulupoloe adalah pulau yang terpisah. Untuk mencapai ke sana bisa menggunakan katinting, yangmerupakan salah satu jenis perahu tradisional dengan tarif sekitar Rp 300 ribu perhari. Kafasitas penumpang adalah 5 orang. Untuk kafasitas penumpang 10-15 orang bertarif hingga Rp 700 ribuan perhari. Jarak tempu dari Malili ke Buklupoloe dengan menggunakan Katintingt adalah 2 jam. Sementara menggunakan Sepeedboat cukup ditempuh dalam 30 menit. Saat ini, speedboat hanya dimiliki oleh pribadi yang belum disewa kan untuk umum.

Katinting di Malili sangat banyak dan dikelola oleh masyarakat setempat yang umumnya berprofesi sebagai nelayan. Fasilitas di Katinting angat minim. Peralatan safety seperti radio atau life vest hampir tidak disediakan. Kegiatan yang bisa dilakukan di Objek Wisata Pulau Bulupoloe adalah diving, snorkeling, memancing, dan menjelajahi pulau. Pantai di Pulau Bulupoloe ini berpasir putih dan ada mata air. Pada waktu weekend, banyak penduduk yang berkemah di Objek Wisata Pulau Bulupoloe.

Di Objek Wisata Pulau Bulupoloe ini juga ada mercusuar dan menara pantau. Hanya saja kondisinya tidak terawat. Umumnya, mereka yang datang untuk diving membawa alat-alat sendiri. Terumbu karang di area Objek Wisata Pulau Bulupoloe memang sudah banyak yang rusak. Kini ada primadona baru, yaitu Teluk Bone. Lokasi Diving lainnya yang letaknya tidak begitu jauh adalah Karang tengah 3. Disana, terumbu karangnya sangat bagus. Patikala adalah alternatif lainnya. Dapat ditempuh dengan waktu perjalanan 30 menit saja.

Jika datang dari Makassar, sebaiknya Anda memilih bus tujuan ke Sorowako. Sebab tidak begitu banyak tempat penginapan layak yang terdapat di Objek Wisata Pulau Bulupoloe Malili. Orang-orang yang datang ke Objek Wisata Pulau Bulupoloe tidak hanya turis lokal, tetapi juga banyak turis mancanegara. Anda tidak perlu takut nyasar untuk menuju tempat ini, sebab penunjuk sangat informatif dan jelas.

Diving di Objek Wisata Pulau Bulupoloe berdurasi sekitar 20 menit. Untuk menjelajah sekeliling pulau dapat di lakukan selama satu jam dengan Katinting. Jika naik kapal bisa ditempuh dalam 15 menit. Bulupoloe merupakan pulau kecil yang tidak berpenghuni dengan area surut yang sempit. Jadi, Anda tidak bisa mendapatkan suvenir ekslusif, selain foto-foto yang Anda buat.

Sebelum menuju Objek Wisata Pulau Bulupoloe maupun menikmati liburan Anda disana, jangan lupa menyiapkan perbekalan yang Anda butuhkan di sana nanti jika tidak ingin kelaparan. So, selamat menikmati petualangan di Objek Wisata Pulau Bulupoloe.

Bandingkan juga dengan Objek Wisata Alam Indonesia yang tidak kalah menantangnya dengan Pulau Bulupoloe, yaitu Objek Wisata Pulau Biawak. Semoga bisa menjadi referensi untuk kunjungan wisata Anda dan keluarga!