Objek Wisata Taman Laut Nasional Wakatobi

Taman Laut Nasional WakatobiTaman Laut Nasional Wakatobi memiliki luas 1.39 juta ha. Taman tersebut terdiri dari 4 pulau besar, yaitu wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko yang berada di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Pada tahun 1994, tim dari IPB melakukan survei di Wakatabobi . Dari hasil survey yang mereka lakukan tersebut terungkap bahwa di Wakatobi terdapat beranekaragam kekayaan alam bawah laut, seperti terumbu karang dan aneka binatang laut. Setelah mempelajari hasil temuan tersebut, Menteri Kehutanan pun mengeluarkan SK yang menetapkan Wakatobi sebagai Taman Nasional, merupakan salah satu Objek Wisata Alam Indonesia yang patut dikunjungi.

Taman Nasional Wakatobi begitu istimewa untuk diknjungi. Di Objek Wisata Taman Laut Nasional Wakatobi ini terdapat panorama keindahan alam bawah laut. Gugusan terumbu karang dapat di jumpai sekitar 112 jenis dari 13 famili yang terletak pada 25 titik di sepanjang 600 km garis pantai.

Sama seperti di Objek Wisata Taman Laut Taka Bonerate, di Taman Laut Wakatobi juga para wisatawan yang menyukai keindahan alam bawah laut dapat melakukan beberapa kegiatan, seperti menyelam, snorkeling, dan berenang untuk melihat gugusan terumbu karang yang indah dan warna warni ikan yang sedang menari.

Untuk mencapai lokasi Objek Wisata Taman Laut Nasional Wakatobi, Anda bisa melalui 3 tahap perjalanan.
  • Pertama, perjalanan dimulai dari Kendari ke Bau-bau dengan menggunakan pesawat terbang atau kapal laut. Jika menggunakan pesawat terbang waktu tempuh sekitar 1 jam, dan jika menggunakan kapal laut waktu tempuh sekitar 4 jam.
  • Kedua, dari Bau-bau ke Lasalimu menggunakan kendaraan roda empat dengan waktu tempuh sekitar 2 jam.
  • Ketiga, dari Lasalimu ke Wanci perjalanan di tempuh menggunakan kapal laut dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan. Wanci merupakan ibu kota Kabupaten Wakatobi sekaligus pintu gerbang pertama untuk memasuki kawasan Taman Nasional Wakatobi.

Jika Anda berniat untuk bermalam di Objek Wisata Taman Laut Nasional Wakatobi, terdapat fasilitas hotel dan homestay yang ada di kota tersebut, demikian pula dengan tersedianya restoran yang menyajikan beraneka menu masakan laut. Bagi Anda yang ingin melakukan kegiatan menyelam, di pulau tersebut tersedia beberapa resort yang secara khusus menyewakan beberapa fasilitas untuk kegiatan menyelam dan para wisatawan dapat memanfaatkan fasilitas tersebut.