Objek Wisata Danau Cileunca Pangalengan Bandung

Danau CileuncaDanau Cileunca atau Situ Cileunca Terletak di Desa Warnasari, Kecamatan Pangalengan, Bandung. Tempat ini awalnya adalah hutan belantara dan mulai diubah fungsi menjadi danau untuk keperluan pengairan. Objek Wisata Danau Cileunca memiliki kedalaman mencapai 17 meter dan berwarna bening. Luasnya danau ini adalah 1400 ha dan airnya sangat digin. Anda juga dapat juga mengikuti jejak wisatawan lain yang menginap disana.

Danau Cileunca Pangalengan menawarkan banyak jenis Objek Wisata Alam Indonesia, seperti kebun Strawberry dan Arbei. Untuk mencapai kebun tersebut, Anda harus menggunakan perahu dengan waktu tempuh sekitar 10 sampai 15 menit. Tarif sewa perahu adalah Rp 5000,- per orang. Adapun jalur alternatif yang dilalui adalah dengan mengelilingi danau, hanya saja kondisi jalannya kurang bagus dan sulit dilalui dengan menggunakan kendaraan biasa.

Selama perjalanan air diatas Objek Wisata Danau Cileunca, Anda bisa melihat indahnya pemandangan Gunung Wayang, Malabar, dan Windu. Anda akan disuguhi peamandangan hutan hasil peninggalan pembuatan Danau Cileunca. Sesampainya dipinggir situ, Anda belum bisa langsung memetik strawberry. Anda harus terlebih dahulu berjalan melewati jalan setapak disamping hutan. Anda bisa meminta petunjuk jalan kepada tukang perahu yang telah mengantarkan Anda. Di kebun, 1 kg strawberry dihargai Rp 30.000,-

Selain strawberry, terdapat juga buah melosa yang oleh banyak masyarakat dipercaya sebagai obat penyakit darah tinggi dan penderita liver. Harganya adalah Rp 15.000,- per kilogram. Melosa hanya di budidayakan di Dieng dan Eropa. Kebun Arbei tidak jauh dari sana. Anda cukup membayar Rp 2500,- dan bisa makan arbei sepuasnya.Jika Anda ingin menancing, di Objek Wisata Danau Cileunca Pangalengan Bandung ini terdapat beberapa jenis ikan, antara lain ikan mas, golsom, nila dan ikan hias.

Sama halnya dengan Objek Wisata Danau Toba Sumatera Barat, jika Anda ingin menginap di kawasan Objek Wisata Danau Cileunca Pangalengan Bandung ini juga terdapat sejumlah bungalow yang dapat Anda sewa dengan tarif mulai dari Rp 150.000,- permalam. Pilihan lain juga terdapat beberapa vila milik penduduk setempat dengan tarif lebih murah.

Danau Cileunca Pangalengan kini merupakan salah satu alternatif tujuan Objek wisata Danau yang dikembangkan Pemda Kabupaten Bandung. Disediakan bus yang melewati Kawasan Objek Wisata Danau Cileunca Pangalengan Bandung tersebut. Jika berangkat dari bandung, Anda bisa menggunakan bus jurusan Pangalengan dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam. Untuk tiket masuk, Anda harus membayar Rp 2.500,-, sementara tarif parkir Rp 3.000,- per mobil, Rp 1.500,- permotor dan Rp 5.000 per bus wisata.