Objek Wisata Danau Kelimutu Flores Nusa Tenggara Timur

Danau KelimutuDanau Kelimutu terletak di puncak Gunung Kelimutu. Danau ini masuk dalam rangkaian Taman Nasional Kelimutu, dan menjadikan kawasan Wisata Danau Kelimutu menjadi tempat favorit untuk dikunjungi. Ketinggian Danau Kelimutu mencapai 1.631 mdpl. Beberapa flora yang dapat ditemui di sekitar danau antara lain kesambi (schleichera), cemara (casuarina equisetifolia), dan edelweiss. Sedangkan fauna yang ada di sekitar danau, antara lain rusa (cervus timorensis), babi hutan (sus sp.), ayam hutan (gallus gallus), dan elang (elanus sp.)

Objek Wisata Danau Kelimutu mempunyai 3 kubangan raksasa. Masing-masing kubangan mempunyai air yang selalu berubah tiap tahunnya. Air di salah satu tiga kubangan berwarna merah dan dapat menjadi hijau tua serta merah hati, di kubangan lainnya berwarna hijau tua menjadi hijau muda, dan di kubangan ketiga berwarna coklat kehitaman menjadi biru langit.

Objek Wisata Danau Kelimutu Flores terletak di 3 kecamatan, yakni Kecamatan Detsukko, Kecamatan Wolowaru, dan Kecamatan Ndona, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Dari Kupang, Anda dapat menggunakan pesawat menuju kota Ende, di pulau flores, dengan waktu tempuh mencapai 40 menit. Setiba di Ende, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan mini bus, menuju Desa Kaonara yang berjarak 93 km dengan waktu tempuh 3 jam. Dari Desa Kaonara menuju Puncak Danau Kelimutu Anda harus berjalan sepanjang 2,5 km. Jika belum dinaikkan oleh pihak pengelola, tiket masuk ke Objek Wisata Danau ini sebesar Rp 3.000,-/orang dan pada akhir pekan sebesar Rp 5.000,-

Karena menjadi salah satu Objek Wisata Alam Indonesia andalan bagi pemerintah setempat, maka fasilitas di sekitar Objek Wisata Danau Kelimutu Flores Nusa Tenggara Timur terus mendapat perhatian. Di lokasi Danau Kelimutu ini terdapat pondok jaga, shelter, MCK, kapasitas lahan parkir yang mampu menampung sekitar 20 mobil, serta beberapa losmen kecil bagi Anda yang hendak menginap.

Demikianlah informasi tentang Objek Wisata Danau Kelimutu Flores Nusa Tenggara Timur pada kesempatan kali ini. Lihat juga Objek Wisata Danau Limboto di Gorontalo pada artikel sebelumnya. Semoga salah satu danau ini bisa menjadi tempat tujuan wisata favorit Anda...