Objek Wisata Danau Situ Patengan Bandung Jawa Barat

Danau Situ PatenganSitu Patengan atau Situ Patenggang berasal dari Bahasa Sunda. Situ berarti danau, sedangkan patengan atau patenggang berasal dari kata pateangan-teangan yang berarti saling mencari-mencari. Anda akan terkesan dengan luasnya kawasan Wisata Danau Situ Patengan yang mencapai 60 ha. Anda tidak akan dapat melupakan keindahan alam sekitarnya, seperti areal perkebunan teh Rancabali yang menghampar luas dan rancak, serta kawasan hutan pinus Cagar Alam Patengan yang asri dan sejuk.

Anda dapat menikmati keindahan panorama alam sekeliling Objek Wisata Danau Situ Patengan dengan speed boat, perahu dayung warna-warni, sepeda air, dan bebek daung yang disewakan. Anda juga dapat memancing di tempat ini. Di sekitar Situ Patengan, terdapat danau-danau kecil yang tidak kalah indahnya. Biasanya dijadikan penduduk sekitar sebagai tempat untuk menjala ikan. Jika Anda ingin berkemah, di kawasan ini terdapat bumi perkemahan yang sangat cocok dilakukan bersama keluarga atau kolega.

Objek Wisata Danau Situ Patengan terletak di Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Provinsi Jawa Barat. Sekitar 47 km arah selatan dari pusat kota Bandung. Dari kota Bandung, Anda dapat memakai kendaraan pribadi dengan melewati kota Ciwidey. Jika Anda naik angkutan umum, ada 2 jalur alternatif angkutan umum, ada 2 alternatif angkutan dari Terminal Bus Leuwipanjang, yaitu naik angkutan kota (angkot) atau naik bus Sukaraja jurusan Bandung-Ciwidey sampai terminal Ciwidey. Dari terminal Ciwidey, naik bus lagi ke kawasan Situ Patengan.

Jika belum dinaikkan oleh pihak pengelola, untuk masuk ke Objek Wisata Danau Situ Patengan Bandung, Anda harus membayar Rp 4.000,00/orang. Untuk mobil dikenakan tarif Rp 10.000,00/unit. Di lokasi Objek Wisata Danau ini terdapat berbagai fasilitas penunjang, seperti area parkir, mushala, MCK, toko suvernir, rumah makan, tikar tempat duduk, dan perahu-perahu yang disewakan.

Demikianlah artikel Objek Wisata Alam Indonesia tentang Objek Wisata Danau Situ Patengan Bandung Jawa Barat pada kesempatan kali ini. Baca juga artikel Objek wisata Danau sebelumnya tentang Objek Wisata Danau Kawah Putih Bandung Jawa Barat yang tidak kalah indahnya. Semoga salah satu danau ini bisa menjadi agenda perjalanan wisata Anda berikutnya...