Objek Wisata Pulau Kumala Tenggarong Kalimantan Timur

Pulau Kumala TenggarongPada awalnya, Pulau Kumala hanyalah lahan tidur dan kawasan semak belukar yang banyak dihuni oleh banyak binatang liar. Ketika air Sungai Mahakam pasang, Objek Wisata Pulau yang merupakan salah satu Delta Sungai Mahakam ini ikut tenggelam. Sementara itu, ketika air sedang surut, keberadaannya menghmabat perjalanan kapal yang melintas di sekitar pulau. Melihat kondisi demikian, Pemda Kabupaten Kutai Kartanegara berinisiatif memperdalam Sungai Mahakam dengan cara mengeruknya. Hasil kerukan tersebut kemudian dijadikan material utama untuk meninggikan objek Wisata Pulau Kumala agar tidak tenggelam ketika sungai sedang pasang.

Bila provinsi DKI Jakarta punya dunia fantasi, maka Provinsi Kalimantan Timur punya Pulau Kumala, yang juga termasuk salah satu Objek Wisata Alam Indonesia yang patut dikunjungi. Meski tidak selengkap Dufan, Objek Wisata Pulau Kumala Tenggarong tetap menjadi salah satu tempat rekreasi yang ramai dikunjungi wisatawan dari Kalimanatan Timur dan sekitarnya, terutama pada akhir pekan dan hari-hari libur lainnya.

Luas pulau ini mencapai sekitar 81,7 ha. Anda bisa menikmati sejumlah wahana, seperti jet coaster, bombom car, Gocart, komedi putar, kereta gantung, dan kereta api mini untuk menglilingi pulau. Setelah puas mengetahui seluk beluk Objek Wisata Pulau Kumala Tenggarong ini, anda dapat berenang maupun memancing di sungai yang dihuni beraneka jenis ikan.

Jika anda ingin melihat Kota Tenggarong dari ketinggian sekitar 75 meter, anda dapat menaiki planetariun (sky Tower). Objek Wisata Pulau Kumala Tenggarong ini juga dilengkapi dengan fasilitas aquarium raksasa yang diperuntukkan khusus bagi ikan pesut (orcaella brevirostris), yaitu species lumba-lumba air tawar yang juga hanya terdapat di Sungai Irawady Brazil dan Sungai Mekong di china.

Tepat di depan Objek Wisata Pulau Kumala Tenggarong, terdapat Museum Mulawarman yang menyimpan berbagai koleksi benda-benda purbakala peninggalan Kesultanan Kutai Kartanegara dan koleksi-koleksi kuno lainnya. Sebelum meninggalkan Kutai Kartanegara, alangkah lebih baiknya bila menyempatkan diri terlebih dahulu mengunjungi museum ini.

Objek Wisata Pulau Kumala Tenggarong terletak di delta sungai Mahakam Kota Tenggaraong, Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur. Tenggarong berjarak sekitar 27 km sebelah timur Samarinda. Dari Samarinda menuju kota Tenggarong, anda dapat mengunakan bus atau kendaraan pribadi melewati jembatan Kutai Kartanegara 1 dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Setelah sampai di tepi Sungai Mahakam, Anda dapat mencapai Objek Wisata Pulau Kumala Tenggarong Kalimantan Timur ini dengan menyewa perahu motor kecil (Katinting) atau kereta gantung dengan waktu tempuh sekitar 5 menit.

Seperti halnya Wisata Pulau Komodo, dikawasan Objek Wisata Pulau Kumala Tenggarong Kalimantan Timur ini juga terdapat restoran, warung, dan pedagang asongan yang menyediakan berbagai kebutuhan wisatawan, seperti makanan, minuman, isi ulang pulsa, dan peralatan memancing. Juga tersedia outlet cinderamata dan sentra makanan khas daerah setempat. Jika Anda ingin menginap, Anda dapat menyewa cottage, hotel, dan wisma dengan berbagai tipe. Tersedia pula bumi perkemahan yang luas dan aman bagi setiap pengunjung Objek Wisata Pulau Kumala Tenggarong Kalimantan Timur ini. Nice trip!