Objek Wisata Air Terjun Cimahi Jawa Barat

Air Terjun CimahiTidak ada salahnya Anda mengunjungi Curug Cimahi atau Air Terjun Cimahi. Untuk mendapatkan suasana alam, Anda tak perlu menempuh perjalanan jauh meninggalkan kota Bandung. Selain pemandangan alam berupa air terjun alami setinggi 85 m, Anda juga dihadapkan dengan berbagai pesona flora dan fauna yang indah.

Memasuki gerbang Wisata Air Terjun Cimahi yang sempit, pemandangan berupa ngarai yang luas dan tinggi akan langsung menarik perhatian Anda untuk melihat lebih dekat. Barisan pohon cemara tempat menjulang membentuk sisi warna hijau yang menyegarkan mata. Suara deru air sungai dapat Anda dengar meskipun sayup-sayup.

Untuk mencapai Objek Wisata Air Terjun Cimahi, Anda harus melewati 500-an anak tangga kebawah atau sejauh 0,5 km. Anda dapat menempuhnya sekitar 15 menit. Jalan terhitung curam dan berkelok-kelok, namun kondisinya terawat dengan baik. Perhatikan pula bahwa posisi Anda berjalan tidak lain adalah pinggir jurang. Anda perlu ekstra hati-hati disini.

Jika beruntung, Anda akan bisa melihat monyet ekor panjang (macaca fascicularis) yang tinggal di wilayah tersebut. Populasinya kini diperkirakan hanya tinggal 100 ekor saja. Hewan-hewan tersebut tinggal di pepohonan tinggi dan berdaun lebat. Anda juga bisa meliihat burung jalak atau ciung batu kecil (myophonus glaucinus) yang bersarang dibebatuan terjal. Coba Anda amati seberapa banyak jumlah mereka dan apa saja yang mereka lakukan dengan memakai alat bantu teropong.

Jalan setapak menuju Curug Cimahi kerap dijadikan tempat joging bagi para penduduk. Rasa lelah menuruni tangga akan lunas terbayar saat percikan air terjun membasuh peluh di wajah. Siapapun yang tiba di bawah bakal tidak kuasa untuk segera menikmati air segar dan dingin dengan sekedar mencuci tangan, membasuh kaki, ataupun mandi. Selain itu, Anda bisa membeli berbagai jajanan khas yang terdapat di warung-warung yang dikelola oleh penduduk setempat untuk mengganjal perut maupun dibawa sebagai oleh-oleh.

Curug Cimahi terdiri dari dua tingkat dan memiliki debit air cukup besar meski dalam masa musim kemarau. Cimahi memang bermakna "air yang cukup". Walaupun demikian, menurut penduduk setempat debit air terjun sebenarnya sudah berkurang akibat eksploitasi oleh penduduk sekitar dan PDAM.

Demikianlah artikel Objek Wisata Alam Indonesia tentang keindahan Objek Wisata Air Terjun Cimahi Jawa Barat pada kesempatan kali ini. Baca juga artikel Wisata Air Terjun sebelumnya tentang Objek Wisata Air Terjun Cilember yang terdapat di kawasan Puncak Bogor. Semoga salah satunya bisa menjadi agenda perjalanan wisata Anda berikutnya...