Objek Wisata Pantai Baron Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai BaronDaerah Pantai Gunung Kidul Yogyakarta termasuk salah satu daerah yang memiliki cukup banyak pantai indah, baik yang sudah dikelola secara terpadu dengan pemkab setempat, ataupun yang masih terlihat begitu alami. Salah satu pantai di Gunung Kidul yang pasti Anda kunjungi saat pertama kali masuk ke kawasan Gunung Kidul adalah Pantai Baron.

Kawasan Wisata Pantai Baron merupakan kawasan pantai pertama yang akan ditemui jika mengunjungi pantai Gunungkidul. Dalam satu rute perjalanan, Anda dapat mengunjungi berbagai Objek Wisata Pantai, mulai dari Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Sepanjang, Pantai Krakal, Pantai Sundak, Pantai Indrayanti, dan pantai lainnya berderet di jalur yang sama. Jika ingin menikmati keseluruhan gugusan pantai tersebut, maka waktu 1 hari kurang cukup.

Objek Wisata Pantai Baron terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, sekitar 20 km arah selatan kota Wonosari atau sekitar 40 km dari kota Yogyakarta. Salah satu keunikan yang terdapat di Pantai Baron ini adalah adanya sungai air tawar di bibir pantai, yang biasanya digunakan pengunjung untuk membilas jika malas ke kamar mandi. Sungai yang bermuara di satu sudut Pantai Baron ini sering juga disebut sebagai perlambang berpadunya dua hati meski dengan latar belakang yang berbeda, asin dan tawar.

Para wisatawan yang berkunjung ke Objek Wisata Pantai Baron Gunung Kidul akan dimanjakan dengan desir angin yang mengantarkan ombak ke hamparan pasir luas di bibir pantai. Hasil kekayaan laut Pantai Baron seperti udang besar (lobster), ikan bawal putih, kakap, tongkol pun siap memanjakan pengunjung, baik yang masih segar ataupun yang siap saji. Sebagai Rekomendasi, menu andalan di sini adalah Sop Kakap.

Jika Anda bisa menyempatkan diri untuk berkunjung ke Pantai Baron pada bulan suro dalam kalender Jawa, Anda bisa menyaksikan satu momen yang teramat sayang dilewatkan, yaitu Upacara Sedekah Laut. Upacara adat ini merupakan ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan hasil laut yang telah diberikan.

Bagi wisatawan yang baru pertama kali mampir ke Yogyakarta dan ingin berkunjung ke Pantai Baron, tidak usah bingung takut nyasar. Yang perlu Anda lakukan adalah berangkat dari kota Yogyakarta menuju pusat kota Wonosari. Setelah sampai di Wonosari, Anda akan melewati jalan Baron yang merupakan satu-satunya akses jalan menuju ke pantai tersebut. Tidak usah bingung karena banyak papan penunjuk arah untuk mempermudah Anda menuju Objek Wisata Pantai Baron Gunung Kidul Yogyakarta ini.

Demikianlah salah satu kekayaan Objek Wisata Alam Indonesia berupa Objek Wisata Pantai Baron Gunung Kidul Yogyakarta pada kesempatan kali ini. Bandingkan juga dengan keindahan Objek Wisata Pantai sebelumnya yaitu Objek Wisata Pantai Parangtritis yang terdapat di Kabupaten Bantul Yogyakarta. Semoga salah satu pantai ini bisa menjadi agenda perjalanan wisata Anda berikutnya...