Objek Wisata Pantai Drini Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai DriniMengunjungi sebuah pantai tidak melulu di isi dengan canda ria yang terkadang hilang tanpa makna sepulangnya dari sana. Terkadang, ketika kita mengunjungi sebuah pantai, perlu juga untuk tahu keistimewaan pantai yang sedang kita kunjungi lengkap dengan nilai historikal yang mendasari keberadaan pantai tersebut. Salah satu pantai yang menyajikan hal ini adalah Pantai Drini.

Kawasan Wisata Pantai Drini tidak sepopuler Pantai Baron ataupun Pantai Kukup. Tidak juga memiliki nama besar seperti Pantai Parangtritis. Namun keindahan Pantai Drini tidak kalah dari keempat pantai yang sudah lebih dulu menjadi tujuan wisata pantai tersebut. Hal ini belum termasuk nilai historikal yang ada di balik Pantai Drini.

Dikisahkan, Bengawan Solo dulunya bermuara di laut selatan. Tepatnya di Pantai Sadeng dan Drini yang sekarang ini terletak di Kabupaten Gunung Kidul, karena terjadinya peristiwa geologi dengan terdesaknya lempeng Australia yang mengakibatkan wilayah pantai selatan Jawa menjadi terangkat. Sisa-sisa karang terangkat menjadi bukit kapur yang mengakibatkan aliran Sungai Bengawan Solo beralih ke arah utara mengalir nun jauh sampai Gresik. Situs aliran purba Bengawan Solo masih bisa dilihat di kawasan Pantai Drini.

Objek Wisata Pantai Drini terletak di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Keistimewaan pantai ini adalah terdapat pulau karang yang tumbuh pohon Drini dan konon kayunya dapat dipakai sebagai penangkal ular berbisa. Di atas karang ini dibangun mercusuar di mana jika kita memandang dari menaranya dapat melihat pemandangan dari atas.

Objek Wisata Pantai Drini Gunung Kidul ini anda juga dapat melihat dengan jelas rumput-rumput laut di antara karang-karang laut dan biota laut lainnya. Memang Drini tidak sepopuler Pantai Baron ataupun Pantai Kukup. Tidak juga memiliki nama besar seperti Pantai Parangtritis. Namun keindahan pantai ini tak kalah dari keempat pantai yang sudah lebih dulu menjadi tujuan wisata pantai tersebut.

Demikianlah salah satu kekayaan Objek Wisata Alam Indonesia berupa Objek Wisata Pantai Drini Gunung Kidul Yogyakarta pada kesempatan kali ini. Bandingkan juga dengan keindahan Objek Wisata Pantai sebelumnya yaitu Objek Wisata Pantai Ngrenehan yang juga terdapat di Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Semoga salah satu pantai ini bisa menjadi agenda perjalanan wisata Anda berikutnya...