Objek Wisata Pulau Umang Pandeglang Banten

Pulau UmangPulau Umang terletak di Teluk Sumur, Kecamatan Sumur, Kabupaten Padeglang, Provinsi banten. Dinamakan Pulau Umang karena di sana terbanyak banyak sekali bintang umang atau klomang (hermit crab), sejenis binatang yang memiliki cangkang atau rumah mirip keong.

Meski baru diresmikan pada thun 2004, Objek Wisata Alam Indonesia ini tekah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung yang terbilang lengkap dan representatif. Oleh sebab itu, bagi Anda yang ingin menikmati berbagai destinasi wisata dan aneka fasilitas pendukung dalam satu lokasi, kawasan Wisata Pulau Umang tepat sekali dipilih sebagai tempat refreshing di akhir pekan atau hari-hari libur lainnya bersama keluarga dan kolega.

Bertamasya ke Objek Wisata Pulau Umang terbilang istimewa, sebab tempat ini terapit oleh beberapa titik wisata lainnya, seperti Taman Nasional Ujung Kulon dan Pantai Carita di sebelah selatan, Pantai Tanjung Lesung di sebelah Utara, serta Pulau Panaitan dan beberapa pulau kecil di sebelah barat.

Ketika menempuh perjalanan dari dermaga Kecamatan Sumur menuju Pulau Umang dengan menggunakan perahu motor, Anda akan berdecak kagum melihat biru laut, hamparan pasir putih, panorama pantai yang indah, dan hijau dedaunan dari kejauhan. Sesampainya di pulau tujuan, Anda dapat disambut dengan udara yang bersih dan sejuk, serta pesona alam sekitarnya yang indah.

Sejumlah fasilitas untuk berperahu, berselancar, jet ski, banana boat, dan snorkeling tersedia di sini. Hembusan angin dan gelombang lautnya relatif kecil membuat Anda nyaman digunakan untuk berenang atau bermain ombak di pantai. Disana juga tersedia kolam renang yang terletak di pinggir laut. Sehabis berenang, Anda dapt mencoba paket pijat jacuzzy untuk meregangkan urat dan tubuh yang pegal. Selain itu, juga tersedia paket spa dan pijatan aromaterapi sambil mendengarkan deburan ombak. Berbagai jenis ikan yang terdapat di perairan yang mengelilingi pulau wisata tersebut, mengakomodasi keinginan Anda yang gemar memancing.

Disamping itu, Anda juga dapat menikmati pesona kawasan wisata ini dengan cara berjemur di hamparan pasir putih yang bersih, duduk santai di bawah rindang pepohonan, atau melihat lokasi pengembangan terumbu karang (coral reef). Aktivitas lain yang dapat dilakukan adalah mengelilingi kawasan wisata seluas 5 ha tersebut dengan berjalan kaki. Ketika berkeliling, Anda dapat melihat kekayaan flora dan faunanya serta menikmati panorama Pulau Umang dari sudut pandang yang berbeda-beda.

Ketika hari merangkak sore, eksotisme kawasan ini kian terasa. Pelancong dapat menikmati keeksotisannya sambil bersantai di resor, kafe-kafe, pondok-pondok wisata, dan shelter. Di depan setiap penginapan terdapat gazebo yang lokasinya dekat dengan pantai. Biasanya, gazebo tersebut merupakan tempat favorit pelancong untuk menikmati pesona matahari terbenam (sunset) dan Selat Sunda menjelang malam. Untuk tempat makan malam, Anda dapat memilih makan dengan suasana outdoor atau indoor di dalam kafe.

Anda dapat juga mengunjungi Pulau Omar yang terletak di sebelah tenggara Pulau Umang. Waktu tempuhnya adalah 10 menit dengan menyewa perahu motor. Di pulau tak berpenghuni ini, pengunjung dapat menikmati hijau dan rimbun dedaunan dari berbagai jenis pepohonan, panorama pantai yang indah, pesona bawah laut dengan aneka spesiesikan yang berenang secara bergerombolan dan terumbu karang, serta aneka permainan air yang seru.

Jakarta-Pulau Umang berjarak 183 km yang dapat ditempuh dalam rentang waktu sekitar 4 jam dengan menggunakan bus. Dari Jakarta, Anda dapt naik bus jurusan Kalideres-Labuan dengan ongkos sekitar Rp 30.000,-an kemudian perjalanan dilanjutkan dengan naik bus jurusan Labuan-Sumur dengan ongkos Rp 20.000,-an. Setelah samapai di dermaga Sumur, perjalanan dilanjutkan dengan naik perahu motor menuju Pulau Umang dengan waktu tempuh sekitar 10 menit. Selain itu, pengelola Pulau Umang juga menyediakan shuttle berupa minibus dari Jakarta dengan ongkos Rp 250.000,- PP/orang.

Di kawasan Objek Wisata Pulau Umang Pandeglang terdapat restoran, kafe, dan toko yang menyediakan berbagai kebutuhan, seperti makanan, minuman, dan peralatan meancing. Juga tersedia outlet yang menjual aneka cinderamata khas pulau wisata ini, seperti pejangan dari kerang, gantungan kunci, dan kaos. Jika Anda ingin menginap, terdapat sejumlah villa, bungalow, resor, cottage, dan wisma dengan berbagai tipe. Di sini juga terdapat lahan perkemahan yang luas dan aman. Berbagai fasilitas lainnya, seperti pusat informasi pariwisata, jaminan keamanan, taman, kolam renang, gazebo, pondok wisata, shelter, arena bermain anak-anak, persewaan perahu dan speed boat, serta wahana-wahana wisata lainnya juga tersedia disini.

Demikianlah artikel Objek Wisata Alam Indonesia tentang keindahan Objek Wisata Pulau Umang Pandeglang Banten pada kesempatan kali ini. Baca juga rekomendasi Objek Wisata Pulau sebelumnya yaitu Objek Wisata Taman Nasional Teluk Cendrawasih yang terdapat di Papua. Semoga bisa menjadi salah satu tujuan wisata Anda berikutnya...