Objek Wisata Air Terjun Seribu Batu (Gedangan) Imogiri Bantul Yogyakarta

Air Terjun Seribu Batu (Gedangan)Kawasan Wisata Bantul tidak hanya kaya dengan keindahan pantainya yang khas dan menjadi ikon Kota Yogyakarta seperti Pantai Parangtritis. Tetapi juga memiliki berbagai airt terjun yang sayang jika di lewatkan ketika Anda mengunjungi Yogyakarta. Salah satu air terjun tersebut adalah Air Terjun Gedangan atau Air Terjun Seribu Batu.

Kawasan Wisata Air Terjun Gedangan terletak di kawasan Giriloyo di Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebenarnya, di kawasan ini ada air terjun lainnya, seperti Air Terjun Grejeng, Air Terjun Kedung Progo, KAir Terjun edung Blimbing dan Air Terjun Kedung Grojog. Namun Air Terjun Gedangan yang paling kerap dikunjungi orang.

Penduduk sekitar menyebut air terjun Seribu Batu merupakan sebuah keindahan yang tersembunyi di balik perbukitan Imogiri dan aura mistis komplek makam di sana. Air terjunnya mengalir dari sumber air yang ada di atas perbukitan dan melewati banyak batuan cadas. Untuk menuju ke sana kita hanya perlu mengunjungi Dusun Cengkehan, Giriloyo, Wukirsari, Imogiri, yang berada di Timur makam Imogiri.

Objek Wisata Air Terjun Gedangan memiliki ketinggian sekitar 8 meter dengan muara di bawahnya sedalam kurang lebih satu meter. Air Terjun Gedangan ini dikenal juga dengan nama Air Terjun Seribu Batu. Penyebutan nama ini dikarenakan lokasi sekitar air terjun dikelilingi oleh bebatuan yang berasal dari gunung api tua Ngelanggran.

Air Terjun Seribu Batu atau Air Terjun Gedangan memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan air terjun lainnya. Mitos mistis dan khasiat mandi di air terjun ini dijadikan alasan pengunjung untuk mendatangi Objek Wisata Alam ini. Air yang mengalir dari Air Terjun Gedangan ini dipercaya memiliki banyak manfaat terutama untuk awet muda dan mempererat hubungan suami istri.

Untuk menuju Objek Wisata Air Terjun Gedangan Bantul ini dapat ditempuh hanya kira-kira 30 menit dengan berjalan kaki dari pemukiman warga. Ada dua pilihan untuk menuju kesana, pertama melalui salah satu dusun di Kelurahan Wukirsari dengan lewat jalan aspal atau kedua melalui jalan tanah yang masih alami. Bila melalui jalur jalan tanah membutuhkan waktu kira-kira 45 menit dengan jarak tempuh sekitar 1,5 km dengan lebar jalan 30-50 cm. Kondisi jalan tanah yang dilalui cukup terjal dan bila hujan akan menjadi becek penuh lumpur.

Demikianlah artikel Objek Wisata Alam Indonesia tentang keindahan Objek Wisata Air Terjun Gedangan Imogiri Bantul Yogyakarta pada kesempatan kali ini. Baca juga info Objek Wisata Air Terjun sebelumnya tentang Objek Wisata Air Terjun Sri Gethuk yang terdapat di Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Semoga salah satu objek wisata ini bisa menjadi tujuan wisata Anda berikutnya...