Objek Wisata Gunung Puntang Banjaran Bandung

Gunung PuntangBagi Anda para pecinta alam dan suka berkemah di alam bebas, maka pilihan terbaik untuk lokasi camping adalah Gunung Puntang. Gunung Puntang berada kurang lebih 1300 meter di atas permukaan laut, makanya jangan kaget jika udara di pegunungan ini sangatlah sejuk yaitu sekitar 15-25 derajat celcius.

Walaupun banyak dikunjungi oleh para pceinta alam, kawasan Wisata Gunung Puntang ini sering juga menjadi tempat berkumpul para pecinta sepeda gunung, areal Gunung Puntang sangat mendukung untuk melatih keterampilan bersepeda gunung. Trek nya yang naik dan turun, serta dengan banyak aral melintang benar-benar menantang, namun jika Anda ingin mencoba bersepeda pastikan sepeda Anda dikhususkan untuk melalui trek seperti ini. Bagi Anda yang hanya sekedar ingin bersantai, cukup memasuki area ini dan berjalan di areal kaki pegunungan untuk menikmati sejuknya hawa khas Bandung sambil menikmati pemandangan dari ketinggian.

Objek Wisata Gunung Puntang terletak di Bandung Selatan dan termasuk di gugusan Gunung Malabar, tepatnya berada di Desa Cimaung, Banjaran yang terletak sekitar 40 km dari pusat kota Bandung.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Objek Wisata Gunung Puntang ini dengan kendaraan pribadi, Anda dapat keluar dari pintu tol Soreang, lalu menuju ke Desa Cimaung, atau Anda bisa juga keluar dari tol Buah Batu untuk menuju Banjaran terlebih dahulu, baru mengambil arah ke Cimaung. Sementara itu, bagi Anda yang ingin mencapai Gunung Puntang dengan kendaraan umum, dapat menggunakan angkot dengan tujuan akhir Soreang atau Dayeuh Kolot, lalu disambung lagi dengan angkutan lokal yang menuju Cimaung dengan tari sekitar Rp 7000 hingga Rp 10.000. Lama perjalanan yang ditempuh sekitar 30 menit dari terminal Dayeuh Kolot atau terminal Soreang.

Begitu sampai di lokasi wisata objek wisata, Anda dapat membeli tiket masuk sekitar 10.000 rupiah. Jika Anda membawa kendaraan umum akan dikenakan biaya masuk lagi sekitar 3.000-15.000 rupiah, tergantung dari jenis kendaraan yang digunakan. Saat pertama Anda masuk ke kawasan Objek Wisata Gunung Puntang Banjaran ini, Anda akan disambut dengan suara gemericik air dan pohong-pohon yang tinggi dan rindang. Udara yang dingin dan segar langsung terasa, Anda akan merasa berada di suatu tempat yang benar-benar asing dari tempat Anda tinggal.

Bagi Anda yang membawa keluarga, dapat mengajak mereka berekreasi di area Bougenville dimana terdapat villa untuk menginap dan kolam renang untuk keluarga. Namun bagi Anda yang penasaran dengan Gunung Puntang dapat melanjutkan perjalanan ke kaki gunung dimana banyak terdapat tempat-tempat menarik lainnya yang bisa Anda lihat.

Demikianlah Objek Wisata alam Indonesia tentang keindahan panorama alam Objek Wisata Gunung Puntang Banjaran Bandung pada kesempatan kali ini. Lihat juga rekomendasi Objek Wisata Gunung sebelumnya yang tidak kalah menarik yaitu Objek Wisata Gunung Krakatau yang terletak di kawasan Selat Sunda Lampung. Semoga salah satu destinasi wisata ini bisa menjadi pilihan Anda untuk dikunjungi. Salam wisata!