Objek Wisata Pemandian Air Panas Cibolang Pangalengan Bandung

Pemandian Air Panas CibolangKetika Anda sedang berkunjung ke daerah Pangalengan Bandung, maka sempatkanlah untuk mampir ke Air Panas Cibolang. Sebuah Objek Wisata Pemandian Air Panas yang bisa kamu kunjungi saat mampir ke Bandung.

Secara administratif, Pemandian Air Panas Cibolang berada dalam kawasan Kabupaten Pangalengan Bandung. Sumber dari pemandian air panas ini adalah dari Gunung Windu. Mata airnya mengeluarkan air panas yang mengandung belerang serta mineral lainnya dengan kadar yang cukup untuk kesehatan kulit. Oleh karenanya, Air Panas Cibolang sering dijadikan penduduk sekitar sebagai sarana untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, terutama penyakit rematik.

Kawasan Wisata Pemandian Air Panas Cibolang ini memiliki luas sekitar 2 hektar, sedangkan ketinggiannya terletak di 1450 meter di atas permukaan laut sehingga suhu sekitar pun berkisar antara 23-25 derajat celcius. Walaupun lokasinya tidak terlalu besar, namun tempat ini terkenal dengan suasananya yang sangat damai serta panoramanya yang indah. Tempatnya yang jauh dari kebisingan kota membuat acara berendam di air hangat terasa semakin nikmat. Hamparan kebun teh di sekitarnya seperti karpet alam berwarna hijau. Jika matahari akan mulai tenggelam maka warna kebun teh tersebut menjadi kuning keemasan, menjadi pengalaman tersendiri bagi pengunjung.

Objek Wisata Pemandian Air Panas Cibolang ini memiliki berbagai jenis kolam untuk pengunjungnya, disesuaikan dengan kedalaman dan fungsinya saja. Jika Anda ingin berenang, silahkan memilih kolam yang terdalam dan paling luas, namun jika Anda hanya ingin menikmati kehangatan air panas Cibolang, silahkan memilih kolam khusus untuk berendam di kolam yang dangkal. Untuk anak-anak juga ada kolam khusus dengan ketinggian yang sudah disesuaikan demi keamanan anak. Di bagian belakang terdapat kolam yang dibuat untuk aktivitas ngagogo atau menangkap ikan dengan menggunakan tangan kosong. Bagi Anda yang membawa anak cobalah untuk mengajak anak Anda ke bagian ini, dijamin pengalaman menangkap ikan ini sangat seru dan tak akan mereka lupakan.

Untuk mencapai Objek Wisata Pemandian Air Panas Cibolang Pangalengan, Anda dapat memilih dua rute tergantung dari arah mana Anda berangkat.
  1. Jika Anda dari arah Barat misalnya Jakarta, Bogor, Cianjur, atau Sukabumi, Anda bisa melewati jalur yang melewati kota Soreang. Setelah itu Anda mengambil arah ke Banjaran, untuk selanjutnya terus ke desa Pangalengan.
  2. Jika Anda datang dari arah timur seperti Garut, Tasik, atau Sumedang, maka Anda harus melewati kecamatan Majalaya, lalu menuju Pacet-Kertasari, baru Anda dapat mencapai Pengalengan.
Itulah sedikit informasi tentang Objek Wisata Pemandian Air Panas Cibolang Pangalengan Bandung, yang merupakan salah satu Objek Wisata Alam Indonesia yang patut kita banggakan. Lihat juga Objek Wisata Pemandian Air Panas sebelumnya yang tidak kalah menarik, yaitu Objek Wisata Pemandian Air Panas Angseri yang berada di kawasan Tabanan Bali. Semoga salah satu pemandian air panas ini bisa menjadi tujuan wisata Anda berikutnya...