Objek Wisata Pulau Tikus Bengkulu

Pulau TikusPulau Tikus merupakan sebuah pulau kecil berukuran 60 × 100 meter atau sekitar 0,85 Ha. Pulau Tikus ini merupakan pulau karang yang memiliki kekayaan biota laut sehingga merupakan tempat yang sangat cocok bagi para penggemar diving ataupun snorkeling. Tak hanya itu, Pulau Tikus ini menjadi lokasi yang pas untuk memancing karena banyaknya jenis-jenis ikan yang sering berenang di sekitaran karang.

Kawasan Wisata Pulau Tikus berada sekitar 10 km di sebelah barat Bengkulu. Tentunya untuk menuju Pulau Tikus ini, anda harus menggunakan alat trasportasi air seperti speed boat ataupun perahu nelayan. Anda bisa naik dari Pantai Jakat, Pantai Tapak Paderi ataupun dari pelabuhan Pulau Baai. Jika dari Pantai Jakat, waktu tempuh adalah sekitar 60 menit, dari Pantai Tapak Paderi sekitar 30 menit dan dari palabuhan Pulau Baai adalah sekitar 40 menit.

Sedangkan untuk menuju tiga spot pelabuhan tersebut anda bisa menggunakan kendaraan apa saja baik kendaraan umum ataupun pribadi. Untuk kendaraan umum, anda bisa menggunakan angkutan kota atau angkot berwarna kuning yang bisa anda temukan di Jalan Suprapto untuk menuju Pantai Tapak Paderi, atau angkot berwarna biru untuk mengantar anda ke pelabuhan Pulau Baai. Angkot biru ini bisa anda temukan di sekitar wilayah lingkar barat. Tarif angkot berkisar Rp 3.000 an sekali naik.

Untuk anda yang menggunakan kendaraan umum, anda bisa menitipkan kendaraan anda di pelabuhan tersebut, tapi untuk keamanan sebaiknya menggunakan kendaraan umum saja agar tak perlu cemas dengan kendaraan anda yang ditinggal. Atau jika anda tidak ingin repot, anda bisa memesan paket wisata menuju Pulau Tikus ini. Tetapi, anda harus menunggu kuota peserta cukup. Biasanya minimal 10 orang.

Di Objek Wisata Pulau Tikus ini, berdiri sebuah mercusuar dan bangunan yang menjadi tempat para penjaga mercusuar tersebut di sisi timur Pulau Tikus. Sayangnya, karena abrasi gelombang laut, bangunan yang semula ada ada lima itu, kini hanya bersisa dua buah, sedangkan tiga lainnya hancur. Mercusuar ini pun sudah lebih dari dua kali dipindahkan untuk mengantisipasi hancurnya mercusuar tersebut karena abrasi.

Walaupun begitu, tetap saja keindahan Objek Wisata Pulau Tikus ini sangat sayang untuk dilewatkan, tak hanya biota laut yang membuat anda terpesona, pemandangan alam dengan warna air laut yang biru jernih ini pun mampu menghipnotis anda. Terumbu karang yang ada di dalam laut, bisa dengan jelas anda lihat dari permukaan. Jadi bagi anda yang tak ingin menyelam pun bisa menikmati keindahan alam ini.

Objek Wisata Pulau Tikus belum memiliki penginapan layaknya tempat wisata lainnya. Hal ini dikarenakan keadaan pulau yang tak memungkinkan untuk didirikan bangunan karena rawannya abrasi. Jadi, bagi anda yang tidak memiliki tenda, anda bisa menumpang di bangunan rumah tempat penjaga mercusuar untuk bermalam. Anda tak perlu khawatir, walaupun malam hari, Pulau Tikus ini tetap ramai terutama oleh para pemancing.

Demikianlah Objek Wisata Alam Indonesia tentang Objek Wisata Pulau Tikus Bengkulu pada kesempatan kali ini. Bandingkan juga dengan keindahan Objek Wisata Pulau sebelumnya yaitu Objek wisata Pulau Nusa Barong yang terdapat di Jember Jawa Timur. Semoga salah satu pulau ini bisa menjadi pilihan destinasi wisata Anda yang akan di kunjungi. Salam wisata!