Objek Wisata Sungai Ayung Bali

Sungai AyungBagi Anda para pecinta Olahraga Adrenalin seperti arung jeram atau rafting ketika berkunjung ke Bali, maka kami merekomendasikan Anda untuk mengunjungi Sungai Ayung. Rafting Sungai Ayung akan memberikan pengalaman tersendiri dan sukar terlupakan. Rafting Sungai Ayung disebut-sebut sebagai satu-satunya lokasi arung jeram di Indonesia yang menawarkan keindahan alam berupa pahatan dinding yang konon menceritakan epos Ramayana dari tatar Jawa.

Tebing-tebing yang kerap dilalui kala melakukan arung jeram tersebut memiliki pahatan dinding yang indah dan bernilai filosofi mendalam sepanjang 600 meter oleh para seniman lokal Bali. Pun selain bisa menyaksikan pahatan-pahatan dinding yang indah, Anda juga bisa menyaksikan keindahan alam di sepanjang Sungai Ayung yang dilalui berupa perbukitan hijau. Jeram di Sungai Ayung ini memiliki panjang sekitar 12 km yang bisa ditempuh dengan waktu sekitar 2 jam-an.

Secara administratif, kawasan Wisata Sungai Ayung atau Ayung River, berada di perbatasan antara dua kabupaten yakni Kabupaten Badung dan Kabupaten Gianyar. Tepatnya ada di desa Payangan Ubud, Pulau Bali, berjarak sekitara 32 km dari kota Denpasar atau sekitar 75 menit kalau ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor dari Bandara Internasional Ngurah Rai.

Objek Wisata Sungai Ayung ini memiliki beberapa air terjun kecil yang harus dilalui oleh para rafter, yang tentunya akan semakin memberikan sensasi dan pengalaman tersendiri. Sungai Ayung ini termasuk aman sekalipun digunakan oleh para pemula. Makanya Anda yang merasa masih pemula dalam dunia arung jeram, tak perlu takut dan khawatir karena selain aman juga akan dibimbing oleh para pemandu profesional dari pihak operator rafting. Patut diketahui bahwa ada beberapa operator rafting di Ayung River ini seperti Bali Fantastic Rafting, Mega Rafting, Ayung Raver Rafting, Bali Adventure Rafting, Holiday Rafting dan juga Bahana Rafting.

Sedikti tips bagi Anda yang ingin melakukan rafting di Objek Wisata Sungai Ayung Bali, sebaiknya Anda sedang dalam keadaan sehat dan bugar. Banyak aspek yang harus diperhatikan untuk berarung jeram, salah satunya terkait kesehatan dan kebugaran tubuh yang mesti dalam keadaan fit. Faktor ketelitian, kecermatan dan kehati-hatian untuk melewati arus jeram dengan sukses ialah hal yang hanya bisa dilakukan oleh tubuh yang sedang dalam keadaan prima dan terbaik.

Itulah sedikit info Objek Wisata Alam Indonesia tentang Objek Wisata Sungai Ayung Bali pada kesempatan kali ini. Baca juga Objek Wisata Sungai sebelumnya tentang Objek Wisata Sungai Serayu yang terdapat di 5 kabupaten, diantaranya Wonosobo, Purbalingga, Banjarnegara, Banyumas, dan Cilacap, Jawa Tengah. Semoga salah satu Objek Wisata Sungai ini bisa menjadi tujuan wisata Anda berikutnya...