Objek Wisata Danau Setu Babakan Jagakarsa Jakarta Selatan

Danau Setu BabakanObjek Wisata Danau Setu Babakan Jagakarsa Jakarta Selatan ---Setu Babakan atau Danau Babakan merupakan danau buatan yang dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda ini terletak di Jakarta selatan tepatnya di Jalan Raya Moh. Kahfi II, Srengseng Sawah, Jagakarsa. Selain sebagai kawasan pemukiman asli suku Betawi, Setu Babakanpun merupakan tempat wisata alam favorit untuk berlibur bersama keluarga. Disamping harga masuknya terjangkau, tempat ini memberikan kenyamanan bagi Anda dikala berlibur dengan suasana alam yang masih asri, segar, hijau, serta jauh dari polusi dan suara bising kendaraan yang berlalu-lalang. Kawasan wisata Setu Babakan ini terbuka untuk umum dari pagi hari hingga sore sekitar pukul 18.00 WIB.

Selayaknya seperti Kawasan Wisata Kampung Tugu (Jakarta Utara) yang kental dengan nilai dan bukti sejarahnya tentang masuknya bangsa portugis ke Jakarta, kawasan Wisata Setu Babakan pun memberikan hal serupa. Yang membedakannya ialah kesejarahan yang ada di tempat ini kental dengan budaya Betawi. Kelebihan dari setu babakan sendiri yaitu selain sebagai cagar budaya khususnya budaya Betawi, disinipun Anda bisa berwisata yang berbasiskan pemandangan alam.

Objek Wisata Setu Babakan merupakan bagian dari kawasan perkampungan yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Jakarta sebagai tempat pelestarian dan pengembangan warisan budaya Betawi. Disini, Para wisatawan akan melihat berbagai macam jenis ciri khas kebudayaan Betawi seperti bentuk bangunan rumah khas Betawi yang bercirikan yakni bentuk atap yang unik dan teras depan rumah yang luas. Kemudian juga dalam setiap harinya diadakan pagelaran seni asli betawi seperti Qasidah, Marawis, Keroncong, Tanjidor, Lenong, Gambus, Tari Cokek, dan yang paling penting Ondel-ondel yang merupakan salah satu icon dari budaya Betawi.

Selain itu, Objek Wisata Danau Setu Babakan Jagakarsa merupakan tempat dengan pemandangan yang sangat indah. Bukan hanya pemandangannya saja yang menjadi kelebihan dari Setu Babakan, suasana yang nyaman untuk melepas kejenuhan ditambah udara yang segar dan sejuk karena pepohonan hijau yang masih rindang juga bisa dijumpai disini. Disinipun terdapat sarana rekreasi yang menarik. Karena merupakan suatu setu atau danau, maka para wisatawan dapat berwisata air dengan menggunakan sepeda air.

Lantas bagi Anda yang gemar memancing, setu ini pun bisa dimanfaatkan untuk kegiatan tersebut. Selain itu, Setu Babakan yang mempunyai luas 165 hektare ini juga menyediakan sarana alat trasnportasi tradisional berupa delman. Delman tersebut bisa digunakan oleh para wisatawan untuk berkeliling dan mengeksplorasi berbagai keindahan di Setu Babakan ini.

Berkunjung ke Objek Wisata Danau Setu Babakan Jagakarsa Jakarta Selatan ini alangkah lebih baiknya kalau disertai dengan anak-anak atau anggota keluarga yang lainnya sambil membawa makanan dari rumah. Hal tersebut ditujukan untuk juga memberikan pengajaran dan pengenalan sejarah secara langsung khususnya kepada anak-anak supaya mereka menjadi respeks dan menghargai kesejarahan suatu tempat, termasuk Setu Babakan ini.

Demikianlah Objek Wisata Alam Indonesia tentang Objek Wisata Danau Setu Babakan Jagakarsa Jakarta Selatan pada kesempatan kali ini. Baca juga rekomendasi Objek Wisata Danau sebelumnya tentang Objek Wisata Danau Situ Ciburuy yang ada di daerah Padalarang. Semoga salah satu danau ini bisa menjadi tujuan wisata Anda berikutnya. Salam wisata!