Objek Wisata Pulau Tinjil Pandeglang Banten

Pulau TinjilObjek Wisata Pulau Tinjil Pandeglang Banten ---Pulau Tinjil memiliki berbagai aset wisata yang membuatnya sering dikunjungi oleh para wisatawan. Salah satu aset wisata yang menjadi ciri khas Pulau Tinjil adalah keberadaan sekumpulan kera yang masuk ke dalam jenis Macaca fascicularis atau jenis kera berekor panjang. Dan Pulau Tinjil ini sudah menjadi surga tersendiri bagi kera-kera tersebut. Uniknya lagi, kera-kera di Pulau Tinjil bisa dengan cepat beradaptasi dengan kehadiran manusia.

Kawasan Wisata Pulau Tinjil merupakan sebuah pulau kecil dengan segudang pesona alam yang begitu indah dan eksotik. Suasana pemandangan alam disekitar pulau ini terlihat masih begitu asri. Beraneka jenis pohon seperti Ketapang, Melinjo, serta Sawo Hutan, tumbuh dengan subur dan rindang pada Pulau Tinjil ini. Selain itu, disepanjang pesisir pantai Pulau Tinjil, Anda dapat menyaksikan panorama alam yang begitu fantastik dan luar biasa mengagumkan. Hamparan pasir yang lembut dan berwarna putih bersih, terlihat begitu sempurna berpadu dengan jernihnya warna laut disekitar perairan di Pulau Tinjil ini.

Akses Menuju Objek Wisata Pulau Tinjil

Untuk menuju Objek Wisata Pulau Tinjil, para wisatawan dapat menggunakan jasa penyeberangan menggunakan perahu bermotor melalui dermaga di Binuangen. Disamping itu waktu yang dibutuhkan untuk sampai di Pulau Tinjil juga sekitar kurang lebih 2 jam, dengan jarak tempuh sekitar 16 kilometer. Namun sebelumnya kita juga harus menempuh perjalanan darat selama hampir 10 jam melalui Kadipaten untuk sampai di Binuangen.
Satu hal yang pasti. untuk menikmati pesona alam serta keunikan yang disajikan oleh Pulau Tinjil, wisatawan yang ingin berkunjung dan berwisata ke pulau tersebut, harus mendapatkan surat izin dari Pusat Studi Satwa Primata terlebuh dahulu. Hal ini dilakukan untuk menjaga serta melindungi jenis satwa, terutama kera yang terdapat pada Pulau Tinjil. Kita harus melewati beberapa tahapan pemeriksaan terlebih dahulu untuk memastikan bahwa wisatawan, terbebas dari berbagai jenis penyakit seperti tubercolosis atau TBC atau simian retrovirus atau SRV.

Selain menikmati keberadaan kera, di Objek Wisata Pulau Tinjil Pandeglang ini para wisatawan dapat melakukan berbagai aktifitas seperti Snorkling ataupun Diving. Para wisatawan dapat menikmati pesona pulau yang begitu kaya dengan keanekaragaman kekayaan hayati berupa terumbu karang yang tersusun dalam beberapa lapisan dan terlihat begitu indah untuk dinikmati.

Itulah sedikit info Objek Wisata Alam Indonesia tentang keeksotisan Objek Wisata Pulau Tinjil Pandeglang Banten pada kesempatan kali ini. Lihat juga keindahan Objek Wisata Pulau lainnya yaitu Objek Wisata Pulau Handeuleum yang juga terdapat di Banten. Semoga salah satu pulau ini bisa menjadi tujuan wisata Anda berikutnya...