Objek Wisata Pulau Kembang Barito Kuala

Pulau Kembang
Objek Wisata Pulau Kembang Barito Kuala ---Kalimantan Selatan merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki destinasi wisata yang khas dan bisa menjadi kenangan tersendiri ketika mengunjunginya. Salah satunya adalah keberadaan Pulau Kembang yang berada di perairan Sungai Barito, lengkap dengan keberadaan pasar terapungnya.

Kawasan Wisata Pulau Kembang berada tidak jauh dari Objek Wisata Pasar Terapung Muara Kuin, Kalimantan Selatan. Dari Pasar Terapung ini, para pelancong bisa mengunjungi Pulau Kembang dengan menggunakan Perahu Klotok, yang merupakan perahu motor tradisional setempat. Dengan jarak tempuh sekitar setengah jam perjalanan, Anda sudah bisa menikmati keindahan Pulau Kembang ini.

Akses Menuju Objek Wisata Pulau Kembang
Sebagai ibukota Kalimantan Selatan, Banjarmasin bisa menjadi transit pertama Anda ketika akan mengunjungi Objek Wisata Pulau Kembang ini. Tujuan selanjutnya adalah menyewa Perahu Klotok yang ada di dermaga klotok yang ada didepan Masjid Sultan Suriansyah. Dermaga klotok ini bisa dicapai dari pusat kota Banjarmasin dalam waktu setengah jam.
Sejarah dan Legenda Pulau Kembang Barito Kuala
Konon berdasarkan cerita yang berkembang dalam masyarakat setempat, Pulau Kembang pada mulanya adalah sebuah bangkai kapal Inggris. Kapal ini dihancurkan oleh rakyat Banjar berdasarkan perintah dari Sultan Banjar. Sedimen tanah yang terbawa hanyut oleh aliran sungai Barito sebagian ada yang menumpuk di puing kapal tersebut. Kemudian seiring dengan berjalannya waktu sedimen tersebut terus menumpuk dan akhirnya ditumbuhi oleh pepohanan yang sekarang dikenal sebagai pulau Kembang.

Terlepas dari benar atau tidaknya cerita ini, namun yang pasti adalah pulau Kembang merupakan sebuah delta yang memang terbentuk dari endapan sedimen yang terbawa oleh aliran sungai Barito. Sedimen yang menumpuk di delta biasanya juga membawa mineral yang dibutuhkan bagi tumbuhan. Oleh karena itu wajar saja apabila pulau Kembang ditumbuhi oleh berbagai macam pohon dengan lebatnya. Pulau Kembang mempunyai daratan seluas 60 hektar yang berada ditengah sungai Barito. Semenjak tahun 1976, pulau ini sudah ditetapkan oleh pemerintah sebagai hutan wisata.
Di Objek Wisata Pulau Kembang Barito Kuala ini para pengunjung bisa menemui ratusan jenis monyet ekor panjang. Keberadaan monyet ini sendiri bisa menjadi pemandangan menarik bagi pengunjung. Walaupun begitu tetap harus hati-hati. Karena para monyet ini cukup pintar dalam melakukan aksinya. Mereka akan datang dalam satu grup secara bersamaan. Apabila anda lengah sedikit, salah satu anggota grup ini akan langsung mengambil barang bawaan anda dan kemudian melarikannya ke atas pohon. Jangan juga meninggalkan barang diatas klotok. Karena para monyet ini juga suka naik keatas klotok untuk mencari barang yang bisa diambil.

Itulah sedikit info Objek Wisata Alam Indonesia tentang keunikan Objek Wisata Pulau Kembang Barito Kuala Kalimantan Selatan pada kesempatan kali ini. Lihat juga Objek Wisata Pulau sebelumnya yang tidak kalah menarik yaitu Objek Wisata Pulau Manuk yang terletak di kawasan Serang Banten. Semoga salah satu pulau ini bisa menjadi destinasi wisata Anda berikutnya. Salam wisata!