Objek Wisata Danau Gunung Tujuh Jambi

Danau Gunung TujuhDanau Gunung Tujuh merupakan gunung tertinggi di Asia Tenggara dengan ketinggian 1.950 mdpl. Danau ini terbentuk karena letusan Gunung Tujuh pada ratusan tahun silam. Bekas letusan tersebut membentuk sebuah kawah yang lama-kelamaan penuh terisi oleh air hujan. Air Danau Gunung Tujuh menjadi sumber mata Air dari Air Terjun Telun Berasap, dan sungai Batang Sangir.

Kondisi Objek Wisata Alam Indonesia Gunung Tujuh ini masih asri. Suasana alamnya begitu menyejukkan, panoramanya begitu indah dan alami, serta airnya begitu jernih. Keindahan Objek Wisata Danau Gunung Tujuh bertambah lengkap oleh barisan hamparan tujuh gunung yang mengelilinginya. Ketujuh gunung tersebut meliputi Gunung Hulu Tebo, Gunung Hulu Sangir, Gunung Madura besi, Gunung Lumut, Gunung Selasih, unung Jar Pangang, dan Gunung Tujuh.

Di beberapa titik di pinggir Objek Wisata Danau Gunung Tujuh Jambi ini, terdapat pasir yang terbentang menyerupai pantai. Tempat tersebut dapat digunakan oleh para wisatawan untuk berkemah sembari menanti terbitnya matahari.

Objek Wisata Danau Gunung Tujuh terletak di Desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro, Jambi. Untuk Mencapai lokasi, ada 3 tahap perjalanan yang mesti dilalui.
  • Perjalanan dari kota jambi ke sungai penuh yang berjarak sekitar 500 km, dapat di tempuh sekitar 10 jam menggunakan angkutan umum, mobil sewaan, atau mobil pribadi. Perjalanan dari kota Padang ke Tapan kemudian dilanjutkan ke sungai penuh dengan jarak 278 km dapat ditempuh sekitar 7 jam mengunakan angkutan umum, mobil sewaan, atau mobil pribadi. Perjalanan dari kota Padang ke Muaralabuh yang dilanjutkan ke Sungai Penuh dengan jarak sekitar 211 km dapat di tempuh sekitar 5-6 jam menggunakan angkutan umum, mobil sewaan, atau mobil pribadi.
  • Perjalanan dilanjutkan dari Sungai Penuh ke kecamatan Kayu Aro atau tepatnya di Desa Pelompek dengan menggunakan angkutan umum. Jarak dari sungai Penuh ke pelompek sekitar 50 km dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.
  • Dari desa Pelompek ke lokasi Objek Wisata Danau Gunung Tujuh. Anda hanya perlu berjalan kaki untuk mencapai lokasi dengan dua alternatif rute. Dari pos jaga kawasan Gunung Tujuh ke tepi danau dengan jarak 3 km dimana kondisi medan tidak begitu sulit dan dapat ditempuh dengan waktu sektiar 2,5 jam. Dari belakang wisma tamu Gunung Tujuh ke tepi danau dengan jarak sekitar 2,5 km di mana kondisi medan agak curam dan dapat ditempuh dengan waktu sekitar 3 jam.
Bagi Anda yang datang dari luar daerah, dapat menginap di beberapa home stay di Desa Kersik Tuo yang tidak begitu jauh dari Desa Pelompek. Sementara untuk urusan makan dan minum, Anda bisa menikmati aneka masakan khas, seperti beras payo, gula ikan semah, dendeng bateko, kacang tojin, lemang, minum kopi kerinci, dan teh kayu aro. Semuanya bisa Anda nikamtai ketika berkunjung ke Objek Wisata Danau Gunung Tujuh Jambi ini...