Objek Wisata Gunung Halau Halau Kalimantan Selatan

Gunung Halau HalauObjek Wisata Gunung Halau Halau Kalimantan Selatan ---Gunung Halau Halau merupakan salah satu Objek Wisata Gunung yang terdapat di wilayah Pegunungan Meratus. Pegunungan ini berderet sejauh 600 km dari tenggara hingga menuju ke perbatasan yang ada di bagian utara Kalimantan Selatan, sekaligus membela provinsi ini menjadi dua wilayah dengan delapan kabupaten yang berbeda.Lalu, apa yang bisa disajikan oleh Gunung Halau Halau bagi pengunjung wisata?

Salah satu yang bisa Anda nikmati ketika berkunjung ke kawasan Wisata Gunung Halau Halau ini adalah Air Terjun. Tepat dibawah kaki Gunung Halau Halau terdapat sebuah air terjun yang disebut dengan masyarakat setempat dengan nama Sungai Karo. Air terjun ini menjulang setinggi 80 m dari permukaan tanah. Pada bagian bawah air terjun terdapat telaga yang bisa digunakan untuk berendam. Kualitas airnya sangat jernih dan debitnya censderung tetap sepanjang tahun, meskipun pada musim kemarau. Ini karena sumber airnya berasal dari kawasan hutan di Gunung Halau Halau yang masih terjaga keasliannya.

Objek Wisata Gunung Halau Halau mempunyai ketinggian yang mencapai hingga 1901 m dari atas permukaan laut. Ketinggian puncak Gunung Halau bahkan lebih tinggi dari Gunung Kilai yang juga merupakan salah satu gunung yang menyusun Pegunungan Meratus. Gunung Kilai itu sendiri ketinggiannya sudah mencapai 1400 m dari atas permukaan laut. Ketinggian tersebut membuat puncak dari Gunung Halau Halau merupakan titik tertinggi yang ada di Kalimantan Selatan.

Salah satu hal unik tentang Objek Wisata Gunung Halau Halau ini adalah keberadaan mitos tentang Kijang Mas. Kijang ini masih bersifat misteri karena belum jelas apa benar ada atau tidak. Memang ada kisah dari para tetua masyarakat yang hidup disekitar Pegunungan Meratus. Mereka menceritakan kalau pernah melihat Kijang Kuning di hutan. Hanya saja Tim Ekspedisi Khatulistiwa tidak sempat menemukannya ketika menjelajah Pegunungan Meratus. Namun apapun itu, cerita Kijang Mas ini bisa menarik perhatian tersendiri bagi pengunjung Gunung Halau Halau.

Itulah sedikit informasi Objek Wisata Alam Indonesia tentang keindahan dan misteri dibalik keberadaan Objek Wisata Gunung Halau Halau Kalimantan Selatan kali ini. Lihat juga rekomendasi Objek Wisata Gunung sebelumnya yang tidak kalah menarik, yaitu Objek Wisata Gunung Kayangan yang terdapat di wilayah Pelaihari Banjarmasin. Semoga salah satu tempat wisata ini bisa menjadi tujuan wisata Anda berikutnya.