Objek Wisata Alam Sungai Cisadane

Sungai CisadaneObjek Wisata Alam Indonesia, Sungai Cisadane adalah salah satu tujuan wisata alam yang berada di Kabupaten Tangerang, provinsi Banten. Sungai yang mempunyai panjang sekitar 80 km dan bersumber dari gunung Salak dan Gunung Panrango ini merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat di sekitarnya, seperti untuk keperluan irigasi, kebutuhan industri, dan sumber air minum.

Selain sebagai sumber kehidupan, Objek Wisata Alam Sungai Cisadane ini juga berfungsi sebagai tempat wisata alam dan olah raga arung jeram. Sungai Cisadane memiliki beberapa anak sungai yaitu Cisodong, Cobogo, Citempuan, Cianten, Cisidangbarang, dan Cipanas yang semuanya bermuara di laut jawa.

Objek Wisata Alam Sungai Cisadane terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah. Disepanjang tepian sungai, terdapat aneka tumbuhan yang menghijau, bebatuan yang unik, taman untuk bersantai, bendungan peninggalan Belanda, dan perumahan penduduk yang berjajar rapi.

Untuk menyususri keindahan alam di Objek Wisata Alam Sungai Cisadane ini, Anda dapt melakukannya sambil berarum jeram yang di bagi dalam 2 paket, yaitu paket amatir untuk keluarga, dan paket adventure untuk kelas profesional. Untuk paket amatir, dimulai dari jembatan Ciampea dan berakhir di Kampung Pasir dengan jarak tempuh sekita 7 km dan memakan waktu kurang lebih 2 jam.

Sedangkan untuk paket adventure, dimulai dari DAM Balandongan dan berakhir di Galian Pasir Gunung Gadung, Desa Rancamaya, kecamatan Bogor Selatan dengan jarak tempuh sekitar 12 km dan membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam.

Keistimewaan lainnya dari Objek Wisata Alam Sungai Cisadane, Anda juga dapat menyaksikan Festival Cisadane yang diselenggarakan setiap bulan Juni. Dalam festival ini, Anda dapat melihat aneka hiburan dan perlombaan, seperti lomba kole-kole, lomba perahu naga, pentas hiburan dangdut, pertunjukkan wayang kulit, dan lain-lain. Di sungai ini juga terdapat tradisi tahunan lainnya, yaitu mandi keramas massal yang dilaksanakan dalam rangka menyambut datangnya bulan Ramadhan.

Objek Wisata Alam Sungai Cisadane terletak di dua wilayah, yaitu Provinsi Banten dan Provinsi Jawa Barat. Untuk menuju Sungai ini, perjalanan Anda dapat dimulai dari Stasiun Bogor dan Terminal Merdeka. Dari Stasiun Bogor, Anda dapat menyewa mobil atau naik taksi dengan tarif sekitar Rp 35 ribu dan turun di Ciampea. Sedangkan dari terminal Merdeka, Anda naik angkutan kota jurusan Bantar Kambing - Ciampea.

Untuk memasuki kawasan Objek Wisata Alam Sungai Cisadane, Anda tidak dipungut biaya. Namun jika Anda ingin mencoba berarum jeram, tarifnya berkisar Rp 250.000,- hingga Rp 300.000,- per perahu. Setiap perahu dilengkapi dengan peralatan pendukung, seperti rompi, helm, tali, dan lain-lain. Jumlah penumpang tiap perahu dibatasi maksimal 6 orang, yang terdiri dari 1 orang pemandu dan 5 orang penumpang.

Di Objek Wisata Alam Sungai Cisadane ini terdapat beberapa fasilitas, seperti penginapan, rumah makan, parkir luas, tempat persewaan peralatan arum jeram, waterway, dan lain-lain. Bagi yang berarum jeram akan mendapatkan fasilitas tambahan, seperti makan, snack tiga kali, kelapa muda, jagung bakar, api unggun, asuransi, dan sertifikat. Bagi wisatawan yang ingin fasilitas umum yang lebih lengkap, seperti tempat hiburan, kafe, restoran, hotel, ATM, mal, dan lain-lain dapat berkunjung ke Tanggerang.

Bandingkan juga dengan Objek Wisata Alam Indonesia Sungai Ciberang Lebak Banten pada artikel sebelumnya. Semoga bisa menjadi referensi dan agenda perjalanan wisata Anda berikutnya...