Objek Wisata Gunung Batu Raden Banyumas

Gunung Batu RadenObjek Wisata Gunung Batu Raden Banyumas merupakan salah satu Objek Wisata Alam Indonesia andalan Kabupaten Banyumas, jawa Tengah. Sejak tahun 1928, Objek Wisata Gunung Batu Raden Banyumas dikenal sebagai objek wisata pegunungan. Pengunjung bisa menikmati keindahan pemandangan alam dan udara pegunungan yang sejuk dengan suhu antara 18C - 25c. Batu Raden dapat bermakna tanah yang datar atau tanah yang indah. Luasnya mencapai 16,5 ha.

Terdapat beragam wisata yang bisa Anda temukan di Objek Wisata Gunung Batu Raden Banyumas ini, antara lain :
  • Taman botani yang menyediakan aneka ragam tanaman hias, tanaman bongsai, dan tanaman langka, seperti tanaman havana, daun dewa, brimulia, keladi tikus, anthurium lipstik, palem paris, lidah gajah, dan widoro laut. Anda bisa mendapatkannya dengan harga terjangkau sebagai oleh-oleh kunjungan Anda.
  • Curug Gede yang terletak di Desa Wisata Ketenger, jaraknya kurang lebih 3 km dari Objek Wisata Gunung Batu Raden.
  • Pancuran Pitu yang berjarak 2,5 km dari Objek Wisata Gunung Batu Raden. Pancuran ini merupakan sumber air panas bumi dengan temperatur 60-70 c yang langsung mengalir dari kaki gunung Slamet.
  • Pancuran Telu yang mengalirkan air panas bersulfur dengan suhu 40C yang konon dapat menyembuhkan penyakit kulit dan tulang.
  • Wana Wisata yang menyajikan pemandangan hutan yang hijau dan indah. Tempat ini sangat cocok untuk kegiatan berkemah dan jungle tracking ketika berkunjung ke Objek Wisata Gunung Batu Raden.
  • Telaga Sunyi. Telaga ini terletak di sebelah timur, yang berjarak sekitar 3,5 km dari Objek Wisata Gunung Batu Raden. Telaga ini terbilang indah, airnya jernih, dan dingin.
  • Taman Kaloka Widya Mandala yang merupakan kebun binatang sekaligus sebagai wisata pendidikan. Di Taman ini, terdapat sejumlah binatang yang didatangkan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri, seperti kambing kaki tiga, gajah, beruk sapi kaki lima, ular sanca, monyet, landak, buaya irian, orangutan, dan rusa. Di kompleks wisata ini, juga terdapat Museum Satwa Langka yang berisi binatang seperti beruang madu, harimau Sumatera, dan macan dahan.
Objek Wisata Gunung Batu Raden Banyumas terletak di sebelah selatan kaki Gunung Slamet pada ketinggian sekitar 640 mdpl dan sebelah utara dan berjarak sekitar 14 km dari kota Purwokerto. Untuk menuju lokasi, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Dari Kota Purwokerto, Anda bisa menempuh perjalanan selama 15 menit dengan angkutan umum dari Terminal kebondalem Purwokerto menuju Objek Wisata Gunung Batu Raden Banyumas.

Demikianlah informasi tentang Objek Wisata Gunung Batu Raden Banyumas pada kesempatan kali ini. Lihat juga objek wisata gunung sebelumnya tentang Objek Wisata Gunung Agung Bali. Semoga bisa menjadi salah satu agenda wisata Anda!