Objek Wisata Gunung Buttu Kabobong Enrekang

Gunung Buttu KabobongObjek Wisata Gunung Buttu Kabobong Enrekang merupakan salah satu Objek Wisata Alam Indonesia yang sangat terkenal di Kabupaten Enrekang. Kabobong dalam bahasa setempat berarti erotis. Menurut para geolog, struktur batuan gunung itu terdiri dari batu pasir yang merupakan dasar laut yang terangkat melalui proses yang cukup panjang.

Objek Wisata Gunung Buttu Kabobong Enrekang menjadi menarik dan terkenal karena bentuk batunya yang sangat unik, yaitu menyerupai alat kelamin perempuan. Oleh karenanya, banyak orang menyebutnya Gunung Nona. Selain dari jarak dekat, gunung ini dapat juga disaksikan dari pinggir jalan raya menuju Kota Enrekang dari arah Makassar.

Objek Wisata Gunung Buttu Kabobong Enrekang terletak di Desa Bambapuang, Kecamatan Anggareja, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, Indonesia. Desa Bambapuang terletak sekitar 253 km dari Makassar atau 18 km dari Enrekang. Perjalanan dari Makassar ke Enrekang dapat di tempuh dengan kendaraan selama 4-5 jam. Sedangkan perjalanan dari Enrekang menuju lokasi Objek Wisata Gunung Buttu Kabobong dapat ditempuh dalam 20 menit saja.

Sama seperti Wisata Gunung Bromo yang berada di Jawa Timur, di Objek Wisata Gunung Buttu Kabobong Enrekang ini juga tersedia warung-warung yang menyediakan berbagai macam minuman ringan dan juga sebagai tempat istirahat bagi setiap pengunjung objek wisata alam ini.