Objek Wisata Gunung Dempo Pagaralam

Wisata Gunung DempoGunung Dempo adalah gunung tertinggi di Sumatera Selatan dengan ketinggian 3.195 mdpl. Gunung ini masih tergolong sebagai gunung berapi aktif, masih sering mengeluarkan asap dengan menyemburkan sedikit lumpur ke dataran rendah di bawahnya. Gunung Dempo ini masuk jajaran Pegunungan Bukit Barisan yang memiliki dua puncak, yaitu Puncak Gunung Dempo dan Gunung Merapi.

Objek Wisata Gunung Dempo merupakan satu-satunya lokasi Objek Wisata Alam Indonesia pegunungan yang ada di Provinsi Sumatera Selatan. Di kawasan hutan menuju puncak Gunung Dempo terdapat sungai kecil dengan air yang jernih dan dapat di manfaatkan sebagai air minum. Untuk menuju puncak, Anda memang harus melalui kawasan hutan dengan menyusuri jalan setapak yang dipenuhi akar-akar pepohonan yang besar. Keadaan hutan ini lebat dan sunyi, sesekali terdengar suara kicauan burung. Dari ketinggian tertentu, Anda dapat menyaksikan kebun teh seluas 1.500 ha milik PT Perkebunan Nusantara PTPN VII.

Gunung Dempo terletak sekitar 310 km sebelah barat kota Palembang. Untuk mencapai Objek Wisata Gunung Dempo Pagaralam ini, Anda Dapat menggunakan bus dengan menuju Kota Pagaralam. Waktu tempuhnya sekitar 7 jam. Dari Terminal Pagaralam ke kaki Gunung Dempo hanyalah 15 km. Jika hendak mendaki Gunung Dempo, Anda bisa menemui seorang sesepuh yang akan mengantarkan Anda ke desa terdekat, yaitu Desa Kampung Empat. Waktu tempuhnya sekitar 30 menit.

Jika Anda berencana untuk menginap, di sekitar Objek Wisata Gunung Dempo Pagaralam ini sudah tersedia fsilitas yang lengkap, seperti villa, losmen, dan motel. Sama seperti Wisata Gunung Buttu Kabobong pada post sebelumnya, untuk urusan mengisi perut, di tempat wisata gunung ini juga sudah tersedia warung-warung makan yang menyediakan menu-menu masakan yang bervariasi.