Objek Wisata Pulau Karimun Jawa

Pulau Karimun JawaKepulauan Karimun Jawa adalah gugusan 27 pulau yang terdapat di Laut Jawa. Kepulauan ini seluruhnya termasuk dalam Kecamatan Karimun Jawa, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah. Pada umumnya, puualu- pulau ini merupakan hutan tropis daratan rendah dan hanya 5 pulau yang dihuni oleh penduduk, yaitu Pulau Karimun Jawa, Pulau Kemujan, Pulau Parang, Pulau Nyamuk, dan Pulau Genting. Sejak tahun 2001, Pulau Karimun Jawa ditetapkan sebagai Taman Nasional Karimun Jawa dengan luas wilayah 111.626 ha.

Dengan kondisi alamnya yang indah dan asri, Objek Wisata Pulau Karimun Jawa menawarkan daya tarik Objek Wisata Alam Indonesia yang sungguh mempesona. Terdapat sejumlah flora dan fauna di tempat ini, seperti terumbu karang, hutan mangrove, hutan pantai, dan hutan dataran rendah. Sedangkan kekayaan faunanya terdiri dari rusa, kera ekor panjang, dan ratusan jenis fauna air. Selain itu, terdapat pula jenis fauna langka yang tinggal di Pulau Burung dan Pulau Geleang, seperti burung elang laut dada putih serta 2 jenis penyu, yaitu penyu sisik dan penyu hijau.

Perjalanan menuju Objek Wisata Pulau Karimun Jawa dapat di tempuh melalui jalur laut dan jalur udara. Jika menggunakan jalur laut, Anda dapat bertolak dari Semarang lewat Pelabuhan Tanjung Mas dan dari Jepara lewat Pelabuhan Kartini. Dari Pelabuhan Tanjung Mas, Anda dapat menggunakan Kapal Motor Kartini I, berangkat setiap Sabtu, pukul 09.00 WIB, dan Senin pukul 07.00 WIB dengan biaya Rp 108.000,- untuk kelas bisnis dan Rp 128.000,- untuk kelas eksekutif. Jika ditempuh dari pelabuhan Kartini, Anda dapat menggunakan Kapal Motor Muria yang berangkat setiap hari Sabtu pukul 09.00 WIB dan Rabu pada jam yang sama dengan biaya RP 63.000,- untuk kelas bisnis dan Rp 83.000,- untuk kelas eksekutif.

Sementara itu, jika Anda bertolak menggunakan jalur udara, maka di mulai dari Bandara Ahmad Yani Semarang dengan pesawat sewa jenis Cassa 212 yang disediakan oleh PT. Wisata Laut Nusa Permai (kura-kura resort). Waktu tempuh kurang lebih 30 menit menuju lapangan udara Dewadaru di Pulau Karimun Jawa.

Berbeda dengan kawasan Objek Wisata Pulau Bulupoloe, di kawasan Objek Wisata Pulau Karimun Jawa terdapat sarana akomodasi dan fasilitas yang cukup lengkap, seperti hotel, rumah penginapan, rumah makan, masjid, kios buah-buahan, cinderamata, tempat persewaan perlengkapan memancing, menyelam, renang, dan kapal penjelajah laut yang dilengkapi kaca pada bagian bawahnya (glass bottom boat) yang berfungsi sebagai tempat melihat keindahan ekosistem bawah laut.

Di lokasi Objek Wisata Pulau Karimun Jawa ini juga tersedia sarana transportasi antar pulau yang akan mengantarkan Anda berkeliling menikmati keindahan gugusan pulau yang ada di Pulau Karimun Jawa. Sarana transportasi tersebut merupakan bagian dari perjalanan wisata yang menggunakan perahu motor sewaan. Tarif yang berlaku berkisar antara Rp 250.000,- hingga Rp 450.000,- tergantung jarak tempuh dan lama pemakaian.

Perjalanan di Objek Wisata Pulau Karimun Jawa terasa kurang lengkap jika Anda tidak mendatangi akuarium laut yang berada di Pulau Menjangan Besar. Di pulau ini, Anda dapat menikmati keindahan ikan hias dan kehidupan ikan hiu serta ikan-ikan lainnya dengan nuansa khas yang tidak dapat Anda temui di tempat lain.