Objek Wisata Taman Laut Derawan Kalimantan Timur

Taman Laut DerawanDerawan merupakan salah satu pulau yang terletak di Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pulau Derawan termasuk salah satu Objek Wisata Alam Indonesia yang dijadikan sebagai Tempat Wisata Bawah Laut yang cukup banyak dikunjungi. Objek Wisata Taman Laut Derawan memiliki bermacam jenis tumbuhan dan hewan serta keindahan alam bawah laut yang mempesona. Tidak heran apabila pulau ini bisa menempati urutan ketiga teratas sebagai tempat tujuan menyelam bertaraf dunia dan menjadikan Wisata Taman Laut Derawan sebagai tempat impian bagi para penyelam.

Di Objek Wisata Taman Laut Derawan Kalimantan Timur ada sebanyak 28 titik menyelam telah teridentifikasi. Untuk menjelajahi semua titik ini setidaknya dibutuhkan sekitar 10 hari dengan satu kali menyelam di masing-masing titik. Untuk pindah dari satu titik ke titik lainnya, pengunjung bisa menggunakan kapal. Sementara itu, pengunjung juga bisa menjelajahi pulau dengan berjalan kaki.

Terumbu karang yang ada di Objek Wisata Taman Laut Derawan Kalimantan Timur tersebar luas pada seluruh pulau dan gosong yang ada di kepulauan derawan. Gosong-gosong yang ada di kepulauan ini diantaranya gosong pulau panjang, gosong masimbung, gosong buliulin, gosong pinaka, gosong tababinga dan gosong muaras. Semua memiliki kekayaan laut lebih dari 50 jenis arcropora (hewan laut) dalam satu terumbu karang.

Di Objek Wisata Taman Laut Derawan Kalimantan Timur, saat duduk di ujung jembatan kayu yang mengarah ke laut, kita dapat menyaksikan penyu-penyu hijau itu hilir mudik di permukaan air yang bening. Saat menyelam kita pun di temani para penyu yang berenang di sekeliling kita. Sesekali bahkan penyu-penyu tersebut nampak berkeliaran di sekitar cottage yang berada di pesisir pulau. Saat malam tiba, beberapa penyu naik ke darat dan bertelur di sana.

Oleh sebab itu, bagi kamu para pecinta Wisata Bawah Laut, tidak ada salahnya menjadikan Objek Wisata Taman Laut Derawan Kalimantan Timur sebagai salah satu referensi dan tujuan wisata Anda selain Taman Laut Wakatobi yang sudah dibahas pada post sebelumnya. Selamat menikmati keindahan alam Indonesia!