Objek Wisata Taman Laut Selat Pantar Alor

Taman Laut Selat PantarKeindahan dan keunikan Objek Wisata Taman Laut Selat Pantar Alor sangat menakjubkan. Jika dibandingkan dengan Taman Laut Komodo di NTT, Berau di Kalimantan TImur, Taman Laut Bunaken di Sulawesi, dan Taman Laut Raja Ampat di Papua, taman laut yang terletak di kabupaten Alor Nusa Tenggara Timur ini lebih unggul dalam hal keindahan yang tak terkalahkan.

Menurut para wisatawan asing, bukan hanya keindahan Objek Wisata Taman Laut Selat Pantar Alor saja yang luar biasa, tapi juga fenomena alamnya yang terhitung langka, semisal ikna-ikan yang terdampar di bibir pantai akibat arus dingin air laut yang terjadi setahun sekali, sekitar bulan September atau Oktober. Wisata bahari Alor dengan panorama bawah laut yang spesifik di Selat Pantar ternyata menjadi primadona bagi para penyelam asal Amerika, Australia, Austria, Inggris, Belgia, dan negara-negara lainnya.

Setidaknya ada 26 titik yang biasa para wisatawan bisa jelajahi di Objek Wisata Taman Laut Selat Pantar Alor ini, yaitu Hal Moon Bay, Peter's Prize, Crocodile Rook, The Edge, Coral Clitts, Baelyon, The Arch, Falt Line, The Pacth, Nite Delht, Kal's Dream, The Ball, Trip Top, The Mlai Hall, No Man's Land, The Cathedral, School's Ut, dan Shark Close. Titik diving yang terakhir sangat menarik karena di sana terdapat kumpulan ikan hiu yang sangat bersahabat.

selain di Objek Wisata Taman Laut Selat Pantar, Keindahan bawah laut yang terdapat di Alor Besar, Alor Kecil, Dulolong, Pulau Buaya, Pulau Kepa, Pulau Ternate, Pulau Pantar, dan Pulau Pura juga mengundang decak kagum para penyelam profesional dari Jakarta dan Bali untuk datang.

Untuk mencapat Objek Wisata Taman Laut Selat Pantar Alor, Anda bisa bertolak dari Kupang naik kapal Ferry dengan waktu tempuh sekitar 12 hingga 13 jam menuju Larantuka. Kemudian melanjutkan perjalanan dengann naik kapal kayu menuju Pelabuhan Kalabahi dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Di kepulauan Alor tersedia rumah makan, penginapan, pemandu wisata, dan perdagangan suvenir khas Pulau Pantar.

Itulah salah satu Objek Wisata Alam Indonesia berupa keindahan Taman Laut Selat Pantar Alor yang bisa menjadi salah satu referensi perjalan wisata Anda dan keluarga!