Objek Wisata Air Terjun Sipiso-Piso Sumatera Barat

Air Terjun Sipiso-PisoAir terjun Sipiso-Piso merupakan sebuah kawasan Objek Wisata Alam Indonesia yang terletak tidak jauh dari pemukiman masyarakat Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Dapat dibilang, mengunjungi desa ini tidak berbeda dengan mengunjungi Wisata Air Terjun Sipiso-Piso.

Secara geografis, Desa Tongging berada di dataran lebih rendah, sementara Objek Wisata Air Terjun Sipiso-Piso terletak diperbukitan dengan ketinggian 800 mdpl dan ketinggian air terjun ini sendiri mencapai 120 meter, dikelilingi oleh bukit yang hijau karena ditumbuhi hutan pinus. Sipiso-Piso dianalogikan dengan pisau. sementara itu, jurang yang curam akan membuat orang menyebutnya Pisau Tanah Karo.

Objek Wisata Air Terjun Sipiso-Piso Sumatera Barat tetap saja tidak akan tergantikan oleh berbagai Objek Wisata Air Terjun lainnya. Bagaimana tidak, air terjun ini tidak lain merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia.

Jarak Objek Wisata Air Terjun Sipiso-Piso ini dari Kota Medan adalah 35 km. Sebelum menikmati air terjun dari dekat, Anda akan disuguhi pemandangan indah Tanah Karo dari gardu pandang yang ada dipuncak bukit, titik pangkal aliran air terjun. Dari puncak bukit, anda dapat menyaksikan keindahan Danau Toba yang sangat populer tak hanya di Indonesia, tapi juga didunia itu. Untuk menjelajahi keelokan alam Sipiso-Piso dari dekat, Anda harus menyusuri punggung bukit melalui ratusan anak tangga kecil. Jangan khawatir terpeleset, karena anak tangga tersebut aman untuk dilewati.

Jika Anda tidak membawa kendaraan pribadi, Anda juga dapat menumpang bus menuju obyek wisata tersebut. Bila Anda berada di kota Medan, Anda akan menempuh perjalanan sekitar 2 jam sampai ke Kabanjahe, di selatan Berastagi. Tarif bus sangat tergantung dengan jenis bus yang anda pilih. Dari Kabanjahe, anda masih harus menempuh jarak 24 km ke arah utara menuju Objek Wisata Danau Toba lalu berhenti di Desa Tongging.

Jika Anda ingin menginap Objek Wisata Air Terjun Sipiso-Piso Sumatera Barat, ada beberapa tempat penginapan yang terdapat di desa tersebut, atau Anda bisa memilih kamar di kabanjahe. Untuk mendapatkan suvernir, Anda bisa mendatangi berbagai penjual cendera mata khas daerah tersebut. Jadi, selamat menikmati keindahan Air Terjun Sipiso-Piso.

Baca juga artikel Wisata Air Terjun sebelumnya tentang Objek Wisata Air Terjun Sendang Gile Lombok Nusa Tenggara Barat yang tidak kalah indahnya dengan Objek Wisata Air Terjun Sipiso-Piso Sumatera Barat ini. Semoga salah satunya bisa menjadi referensi dan agenda perjalanan wisata Anda selanjutnya...