Objek Wisata Danau Situ Gede Tasikmalaya Jawa Barat

Danau Situ GedeKota Tasikmalaya memiliki beberapa potensi Objek Wisata Alam Indonesia yang cukup mengagumkan, salah satunya adalah Danau Situ Gede. Oleh warga setempat, danau alami ini lebih dikenal dengan nama Danau Situ Ageng. Luas Danau Situ Gede mencapai 47 ha dengan kedalaman air mencapai 6 meter. Danau Situ Gede merupakan Objek Wisata Danau satu-satunya yang terdekat dengan pusat kota. Tempat ini pertama kali di kembangkan oleh pemerintah Hindia Belanda sebagai pengairan ribuan hektar sawah penduduk, meliputi wilayah di Kecamatan Kawalu, Mangkubumi, Indihiang, dan Cibeureum.

Di tengah-tengah danau terdapat sebuah pulau. Disana terdapat makam Eyang Prabudilaya, seorang tokoh penguasa pada masa silam yang mitosnya telah menjadi legenda bagi masyarakat Tasikmalaya. Keindahan danau dan keasrian pemandangan alam merupakan potensi utama yang diutaman Objek Wisata Danau Situ Gede Tasikmalaya ini. Anda bisa leluasa menikmati indahnya Danau Situ Gede dan menyusuri danau dengan rakit yang dapat disewa dengan harga yang relatif murah, yaitu Rp 10.000,-

Sambil menyusuri danau, Anda dapat mengunjungi pulau yang berada di tengah danau untuk berziarah di makam Eyang Prabudilaya atau menikmati teduhnya hutan dengan berbagai flora dan fauna. Anda juga akan disuguhi pesona wisata ekologi berupa tumbuh-tumbuhan alami yang banyak terdapat di sekeliling danau. Di Danau Situ Gede pula, Anda bisa melakukan beberapa aktifitas lain yang tidak kalah menyenangkan, seperti memancing dan menjaring ikan. Di kios-kios yang banyak terdapat di sekitar danau, disediakan tempat makan yang menyajikan berbagai menu ikan.

Objek Wisata Danau Situ Gede terletak di Kelurahan Linggajaya, Kecamatan Mangkubumi, Provinsi Jawa Barat. Akses transportasi untuk mencapai Objek Wisata Alam ini selain menggunakan kendaraan pribadi, juga bisa memanfaatkan fasilitas angkutan kota (angkot) jalur 04 yang berangkat dari Terminal Pancasila. Hanya saja, dari tempat turun angkot, Anda masih harus berjalan kaki kira-kira sejauh 1 km. Jika belum dinaikkan oleh pihak pengelola, harga yang dikenakan untuk masuk kelokasi objek wisata ini adalah Rp 4000,- untuk dewasa dan anak-anak Rp 2000,- Jika Anda membawa motor, maka tarifnya Rp 1000, dan mobil Rp 2500,-

Sama halnya dengan Objek Wisata Danau Cileunca pada artikel sebelumnya, di Objek Wisata Danau Situ Gede Tasikmalaya Jawa Barat ini juga tersedia beberapa fasilitas pendukung, seperti fasilitas untuk berolahraga. Kawasan jalan yang mengitari Danau Situ Gede diatur sedemikian rupa sehingga bisa digunakan sebagai lintasan lari bagi Anda jika ingin jogging. Setelah itu, Anda jkuga bisa memanfaatkan berbagai fasilitas lain yang disediakan, antara alain gazebo, taman, dan bumi perkemahan. Objek Wisata Danau Situ Gede ini dilengkapi pula dengan beberapa sarana pendukung, seperti masjid, area parkir yang luas, serta toilet yang memadai.