Objek Wisata Gunung Jaya Wijaya Papua | Sejarah dan Jalur Pendakian

Gunung Jaya WijayaPegunungan Sudirman atau Sudirman Range di Provinsi Papua memiliki puncak yang terkenal, yaitu Puncak Jaya Wijaya atau Puncak Jaya yang diselimuti salju karena ketinggiannya mencapai 4.884 mdpl. Namun, salju tersebut diperkirakan akan menyusut akibat dari pemanasan global.

Nama lain dari Puncak Jaya adalah Carstensz Pyramide atau Puncak Carstensz. Diambil dari nama seorang petualang asal Belanda, yakni Jan Carstensz, yang pertama kali melihat adanya puncak gunung bersalju di daerah tropis. Pengamatan tersebut dilakukan olehnya melalui kapal laut. Hal itu baru terbukti kebenarannya setelah 3 abad kemudian, dan menjadi salah satu Objek Wisata Alam kebanggan Indonesia.

Sejarah Gunung Jaaya Wijaya ini dimulai pada tahun 1889, sebuah ekspedisi Belanda membuat peta Pulau Papua dan menemukan puncak gunung yang diselimuti salju sebagaimana dilaporkan oleh Carstensz. Untuk menghormati Carstensz, maka puncak gunung tersebut kemudia diberi nama sesuai dengan namanya. sedangkan, sebutan Puncak Jaya Wijaya merupakan pemberian Presiden Soekarno setelah berhasil merengkuh Kedaulatan Papua Barat dari Belanda. Pendaki pertama yang tercatat pernah menaklukan Puncak Jaya adalah tim ekspedisi yang dipimpin oleh Heinrich Harrer pada tahun 1962.

Objek Wisata Gunung Jaya Wijaya Papua merupakan salah satu puncak gunung bersalju yang ada di perlintasan garis khatulistiwa, selain pegunungan di Afrika dan Amerika Latin. Jika dilihat dari udara, Puncak Jaya Wijaya tampak seperti permadani hitam yang diselimuti oleh tudung putih. Jika matahari sedang cerah, maka hamparan salju tersebut akan memantulkkan cahaya mentari yang menyilaukan. Kandungan es di pegunungan ini diperkirakan mencapai 5% dari cadeangan es dunia yang berada di luar Benua Afrika. Namun, akibat pemanasan global jumlah tersebut dari tahun ketahun kian menyusut. Jika dilihat dari tipe gletsernya, kawasan bersalju di Jaya Wijaya masuk kedalam tipe Alpine Glaciation. Sementara gletser atau aliran lumuran salju diwilayah ini masuk ke dalam tipe Valley Glacier, yaitu aliran gletser yang mengalir dari tempat tinggi menuju daerah yang lebih rendah. Oleh sebab itu di daerah ini dimungkinkan terdapat aliran sungai es.

Jika Anda berminat menjelajahi Objek Wisata Gunung Jaya Wijaya Papua tentu saja hal utama yang perlu dipersiapkan adalah kesiapan fisik, perbekalan, dan logistik. Latihan rutin di daerah dengan suhu dingin merupakan salah satu pembiasaan yang cukup efektif untuk menghindari ancaman hipotermia, yaitu hilangnya panas tubuh karena berada dia kawasan yang bersuhu sangat dingin. Disamping itu, aspek perizinan juga harus disiapkan jauh hari sebelum pelaksanaan pendakian. Sebab, selain karena mendan pendakiannya yang berat kawasan Papaua kerap kali dilanda kerusuhan, perang antar suku, serta gangguan keamanan lainnya.

Berbeda dengan Objek Wisata Gunung Inerie sebelumnya yang tidak perlu agen perjalanan khusus untuk mengunjunginya, maka Objek Wisata Gunung Jaya Wijaya Papua ini justru sebaliknya. Medan pendakian yang berat, proses perizinan yang rumit, serta jaminan keamanan ketika proses pendakian, mengharuskan Anda memanfaatkan jasa agen perjalanan yang berpengalaman. Berbagai agen perjalanan yang memiliki reputasi internasional telah menyediakan dua pilihan Jalur Pendakian Gunung Jaya Wijaya, yaitu jalur klasik melalui desa Ilaga atau jalur kedua yang lebih nyaman dengan menumpang helikopter menuju Basecamp Bukit Danau atau Danau Valley.

Jasa agen perjalanan tersebut biasanya akan menangani masalah perizinan, transportasi dari Jakarta menuju Papua, persewaan helikopter menuju basecamp, pemandu pendakian, asuransi, serta latihan dan pengkondisian tim sebelum pendakian di Objek Wisata Gunung Jaya Wijaya Papua. Tentu saja, biaya perorang untuk satu tim pendakian dengan menggunakan jasa agen perjalanan memerlukan biaya yang cukup besar, yaitu sekitar USD 10.000 atau sekitar seratus juta rupiah lebih.

Apabila Anda memanfaatkan jasa agen perjalanan untuk menikmati Wisata Gunung ini, maka keperluan akomodasi dan berbagai fasilitas untuk pendakian di Objek Wisata Gunung Jaya Wijaya Papua biasanya telah menjadi bagian dari tanggung jawab agen perjalanan tersebut.