Objek Wisata Gunung Kawah Ijen Banyuwangi Jawa Timur

Gunung Kawah IjenGunung Kawah Ijen atau biasa disingkat menjadi Kawah Ijen merupakan salah satu gunung aktif di jawa timur. Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Alas Purwo di Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.443 mdpl dan telah meletus beberapa kali, yaitu pada tahun 1796, 1817, 1913, dan 1936. Akibat letusan-letusan itu maka sebuah kawah lebar menganga dan menjadi danau dengan kandungan belerang. Kawah Ijen ini merupakan salah satu danau kawah terbesar di dunia.

Perjalanan menuju Kawah Ijen dapat di tempuh dari kota Bondowoso. Anda dapat menyaksikan indahnya perkebunan kopi dilereng gunung. Hasil perkebunan merupakan komoditas ekspor yang diunggulkan. Anda dapat juga menyaksikan Air Terjun Banyu Pahit yang mata airnya berasal dari Kawah Ijen yang berwarna antara hijau bening dan pekat.

Setelah cukup puas dengan air terjun, anda dapat mulai menuju Kawah Ijen dengan mendaki sekitar 3 km. Di dalam kawah itu terdapat air berwarna hijau tosca dan anda dapat mencium aroma belerang yang begitu kuat. Untuk berjaga-jaga, bawalah masker untuk antisipasi saluran pernapasan. Anda dapat juga menyaksikan para penambang belerang. Mereka mendaki punggung gunung kemnudian menuruni lereng Kawah Ijen menuju dinding-dinding belerang yang akan dipecahkan menggunakan peralatan sederhana. Bongkahan-bongkahan belerang kemudian diangkut mengunakan keranjang dari bambu. Pada bulan Agustus sampai September, Anda dapat menikmati bunga-bunga edelweis kuning dan putih bermekaran.

Untuk mencapai Objek Wisata Gunung Kawah Ijen Banyuwangi Jawa Timur ini, Anda dapat bertolak dari Kota Bondowoso dengan menggunakan angkutan umum. Dari arah Kabupaten Situbondo anda menuju Kecamatan Sempol dengan waktu tempuh sekitar 3 jam. Dari Desa Sempol, anda dapat menyewa kendaraan umum maupun ojek menuju pos Paltuding yang berjarak sekitar 15 km. Jika anda memulai perjalanan dari Banyuwangi, hanya membutuhkan waktu 30 menit menuju Kecamatan Licin, kemudian dilanjutkan menuju ke pos Paltuding sejauh 18 km. Dari Kecamatan Licin menuju pos Paltuding, anda disarankan menywewa kendaraan jenis jip karena kontur jalan cukup terjal dan kondisi jalanan tidak begitu mulus.

Pos Paltuding merupakan pos terakhir sebelum Anda melakukan pedakian ke Gunung Kawah Ijen. Dari sana, pendakian dilakukan sejauh 3 km. Pendakian sebaiknya dilakukan pada pagi hari untuk menghindari pekatnya asap belerang. Pada pukul 2 sore, pendakian biasanya ditutup untuk alasan kemanan.

Objek Wisata Gunung Kawah Ijen telah memiliki berbagai fasilitas dan akomodasi yang cukup memadai. Pos Paltuding dapat menjadi tempat yang aman untuk memarkir kendaraan dan juga terdapat beberapa fasilitas untuk bermalam, seperti pondok wisata, penginapan, area perkemahan, serta warung makan.

Demikianlah artikel Objek Wisata Alam Indonesia tentang Objek Wisata Gunung Kawah Ijen Banyuwangi Jawa Timur pada kesempatan kali ini. Baca juga Objek Wisata Gunung sebelumnya tentang Objek Wisata Gunung Jaya Wijaya yang merupakan puncak tertinggi di Indonesia. Semoga salah satunya bisa menjadi destinasi wisata gunung Anda selanjutnya...