Objek Wisata Gunung Kerinci Jambi

Gunung KerinciGunung Kerinci merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia. Kawahnya berbentuk kerucut dengan dinding bagian atas berukuran 600 X 580 m dan 120 X 100 m untuk dinding bagian bawah. Kawah tersebut berisi air yang berwarna hijau kekuning-kuningan. Objek Wisata Gunung Kerinci terletak di antara 2 kabupaten di Provinsi Jambi, yaitu Kabupaten Kerinci dan Kabupaten Sulak Deras.

Di kawasan Objek Wisata Gunung Kerinci Jambi terdapat beberapa jenis hutan yang tumbuh di sepanjang lerengnya, seperti hutan dipterokarp bukit, dipterokarp atas, hutan montane, dan hutan gunung. Setelah sampai pada puncak Gunung, Anda dapat menyaksikan hamparan hutan yang luas juga perkebunan teh.

Untuk menuju Objek Wisata Gunung Kerinci Jambi ini dapat ditempuh melalui jalur darat dengan 2 alternatif.
  • Pertama, perjalanan dimulai dari kota jambi ke Sungai Penuh dengan jarak sekitar 500 km dan waktu tempuh 10 jam dengan menggunakan angkutan umum maupun mobil pribadi.
  • Kedua, perjalanan bisa dimulai dari kota Padang ke Tapan kemudian dilanjutkan ke Sungai Penuh dengan jarak 278 km dan waktu tempuh 7 jam.
Jika Anda ingin menginap di kawasan Objek Wisata Gunung Kerinci Jambi ini, Anda tidak perlu khawatir. Karena disini terdapat sejumlah penginapan dengan tarif mulai dari Rp50.000,- per malam. Anda juga dapat berwisata kuliner dengan mencoba sejumlah makanan lokal, seperti beras payo, gulai ikan semah, dendeng beteko, kacang tojin, lemang, jeruk pelompek, atau minum kopi Kerinci, dan teh kayu aro.

Demikianlah artikel Objek Wisata Alam Indonesia tentang Objek Wisata Gunung Kerinci Jambi yang patut Anda kunjungi suatu saat nanti. Baca juga artikel Wisata Gunung sebelumnya yang yang keindahannya tidak kalah dengan Gunung Kerinci, yaitu Objek Wisata Gunung Kawah Ijen Banyuwangi Jawa Timur. Semoga salah satunya bisa menjadi agenda perjalanan wisata Anda berikutnya...