Objek Wisata Gunung Lawu

Gunung LawuGunung Lawu terletak di arah timur laut Solo, perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Di Kawasan Wisata Gunung Lawu terdapat sejumlah objek wisata lain di lerengnya, yaitu Telaga Sarangan dan Tawangmangu.

Gunung Lawu memiliki ketinggian 3.mdpl. Pada siang hari bertemperatur sedang dan pada malam hari menjadi dingin. Curah hujan sangat rendah dan semakin kepuncak iklimnya semakin kering. Gunung Lawu merupakan gunung yang bermedan terbuka dan minim pohon. Sejumlah flora yang dapat ditemui adalah rumput ilalang, edelweiss, pohon pinus, akasia, dan tanaman liar lainnya. Saat terbaik untuk melakukan pendakian kepuncak gunung ini adalah pada malam atau dini hari di bulan juni, juli, agustus.

Di Objek Wisata Gunung Lawu, terdapat 2 jalur utama pendakian, yakni jalur Cemoro Sewu dan Cemoro Kandang. Keduannya hanya berjarak 200 m. Cemoro Sewu merupakan jalur hutan. Anda dapat medaki puncak lebih cepat dibandingkan lewat jalur Cemoro Kandang. Jalur Cemoro Kandang relatif lebih mudah untuk dilalui karena terbuat dari bebatuan yang tertata rapi.

Keunikan Gunung Lawu yang lain adalah adanya kawah dibagian pinggang gunung. Kawah ini bisa dilihat dari jalan setapak rute Cemoro Kandang. Sedangkan di kawasan hargo dalem terdapat hamparan padang yang ditumbuhi perdu. Hamparan ini sering disebut juga alun-alun Hargo Dalem dan merupakan bekas kawah yang sudah mati. Biasanya para pendaki mendirikan tenda atau mengadakan upacara di tempat ini. Dipuncak Hargo Dalem terdapat titik tri anggulasi yang memungkin kan kita untuk melihat puncak Gunung Merapi dan Merbabu diarah barat dan diarah timur akan terlihat punccak Gunung Kelud, Gunung Butak, dan Gunung Wilis. Digunung Lawu terdapat petugas yang disebut Anak Gunung Lawu (AGL). Mereka memiliki kepedulian khusus terhadapap konservasi alam, sekaligus pengelola gerbang pendakian.

Gunung Lawu terletak di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Secara Geografis termasuk dalam Kabupaten Karanganyar dan sebagian masuk dalam Kabupaten Magetan. Untuk melakukan pendakian, ada dua pilihan gerbang pendakian yang bisa Anda coba. Jika berangkat dari Surabaya, Anda sebaiknya mendaki melalui Desa Cemoro Sewu yang terletak di Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Dari Surabaya Anda dapat menggunakan bus menuju Madiun kemudian dilanjutkan ke Magetan. Dari Magetan Anda dapat naik colt jurusan Sarangan dan berhenti di Cemoro Sewu.

Dari gerbang pendakian Cemoro Sewu Anda akan melewati 5 pos, yaitu pos 1 Wesen-wesen, Pos 2 Watu Gedeg, Pos 3 Watu Gede (2.787 mdpl), Pos 4 Watu Kapur, dan Pos V Jolo Tundo. Sekitar 10 menit perjalanan dari pos 5, Anda akan sampai ke Sendang Drajat. Jika Anda tidak ingin bermalam di tempat ini, Anda dapat berjalan terus melewati punggungan bukit. Setelah kurang dari 30 menit perjalanan, Anda akan menemukan pertigaan, yang kekiri menuju puncak Hargo Dumilah sedangkan yang ke kanan menuju Hargo Dalem.

Bagi Anda yang berangkat dari arah Yogyakarta dan Jawa Tengah, Anda dapat naik bus ke arah solo. Dari Solo, perjalanan di lanjutkan ke Tawangmangu, lalu naik colt jurusan Sarangan dan turun di Desa Cemoro Kandang. Jalur yang dimulai dari Desa Cemoro Kandang ini juga melewati 5 pos, yaitu pos 1 Taman Sari Bawah, Pos 2 Taman Sari Atas, pos 3 Penggik, Pos 4 Cokrosuryo, Pos 5 Perapatan. Pos 5 Merupakan satu-satunya pos di Cemoro Kandang yang tidak mempunyai bangunan pondok.

Rata-rata waktu yang diperlukan untuk mendaki melalui jalur Cemor Kandang sekitar 8-9 jam dan untuk turun memerlukan waktu 5-6 jam. Sedangkan jalur Cemor Sewu membutuhkan waktu 6-7 jam untuk mendaki dan 4-5 jam untuk turun.

Tidak jauh dari pendakian Gunung Lawu terdapat beberapa fasilitas yang dapat digunakan, hal itu dikarenakan lokasi gerbang pendakian hanya berjarak beberapa kilometer dari objek wisata Sarangan dan Tawangmangu. Ditempat itu, terdapat hotel, rumah makan, wartel, dan kios-kios penjual souvernir. Anda juga bisa menginap dirumah penduduk. Jika ingin mencari tambahan logistik, Anda dapat membelinya diwarung-warung yang ada di Cemoro Sewu maupun Cemoro Kandang. Disekitar Gerbang pendakian juga terdapat kamar mandi dan tempat untuk beristirahat.

Demikianlah artikel Objek Wisata Alam Indonesia tentang Keindahan Objek Wisata Gunung Lawu pada kesempatan kali ini. Lihat juga Objek Wisata Pegunungan pada artikel sebelumnya yaitu Objek Wisata Gunung Kerinci yang terletak di Provinsi Jambi. Semoga salah satunya bisa menjadi referensi bagi Anda yang memiliki hobby petualangan khususnya pendakian...