Objek Wisata Gunung Malino Makassar

Gunung MalinoGunung Malino merupakan kawasan yang memiliki panorama alam yang sangat menakjubkan. Di kawasan yang berada diketinggian 1.500 mdpl terdapat Hutan Wisata Malino atau yang lebih dikenal dengan sebutan Hutan Pinus yang terdiri dari deretan pohon pinus yang tumbuh subur, kokoh, dan rindang. Selain itu, di kawasan Wisata Gunung Malino ini juga terdapat perkebunan markisa yang menjadi minuman khas kota tersebut. Dengan nuansa pegunungan yang indah, hamparan pohon pinus ang rindang, deretan pohon markisa, serta udara yang sejuk dan segar, menjadikan kawasan ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara, terutama pada hari-hari libur.

Selain hamparan hutan pinus, di kawasan Objek Wisata Gunung Malino ini juga terdapat tumbuhan peninggalan Belanda yang terbilang langka, yaitu edelweiss dan pohon turi yang bunganya berwarna orange, serta jenis bunga masamba yang dapat berubah warnanya tiap bulan dari hijau, kuning, hingga menjadi putih. Di puncak Pegunungan Malino juga terhampar luas kebun sayur-mayur yang hijau.

Jika Anda ingin mencari suasana yang berbeda, di sekitar kawasan Hutan Malino ini terdapat beberapa tempat wisata yang tidak kalah menariknya, yaitu Air Terjun Takapala yang terletak di Bulutna, air terjun Lembanna yang berada kira-kira 8 km dari Malino, pemandian lembah biru, perkebunan teh milik Nittoh dari Jepang di daerah Pattapan, tanaman hortikultura di daerah Karenpia, dan kekayaan flora dan fauna yang beraneka ragam. Semua menjadi daya tarik tersendiri ketika Anda mengunjungi Objek Wisata Gunung Malino ini.

Kawasan wisata Hutan Malino berada di sebelah selatan kota Makassar, tepatnya di Kecamatan Tingimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Kawasan wisata Malino terletak sekitar 70 km dari kota Sungguminasa (Gowa) atau 90 km dari Makassar. Dari kota Sungguminasa, perjalanan dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum dalam waktu sekitar 3 jam.

Jika Anda ingin lebih lama menikmati keindahan alam Objek Wisata Gunung Malino Makassar tidak perlu merasa khawatir karena di kawasan ini tersedia hotel dan villa.

Demikianlah artikel Objek Wisata Alam Indonesia tentang keindahan panorama alam kawasan Objek Wisata Gunung Malino Makassar pada kesempatan kali ini. Baca juga artikel Objek Wisata Gunung sebelumnya tentang keindahan Objek Wisata Gunung Lawu yang terdapat di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Semoga salah satu pegunungan ini bisa menjadi tujuan wisata Anda berikutnya...