Objek Wisata Gunung Mutis Nusa Tenggara Timur

Gunung MutisGunung Mutis merupakan salah satu Objek Wisata Alam Indonesia andalan yang dimiliki oleh Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kawasan Wisata Gunung Mutis ini terkenal dengan gunung-gunung batu marmer yang oleh masyarakat setempat di sebut Faut Kanaf (batu nama). Dibawahnya, terdapat sumber-sumber mata air yang disebut Oe Kanaf (air dari batu). Air yang bersumber dari Faut Kanaf menuju satu titik dan membentuk 2 buah DAS Benain dan DAS Noelmina. Keduanya merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat Timor Tengah Barat. Kawasan Objek Wisata Pegunungan yang berjarak sekitar 140 km dari Kupang ini memiliki luas wilayah 12.000 ha dan dihuni oleh salah satu suku tertua di Nusa Tenggara Timur, yaitu Suku Dawan.

Secara Geografis, Objek Wisata Gunung Mutis ini terletak di wilayah Kecamatan Mollo Utara, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusat Tenggara Timur, Indonesia. Untuk mencapai Gunung Mutis, perjalanan dimulai dari Kupang menuju Soe sejauh 110 km dan waktu tempuh 2,5 jam. Dari Soe, perjalanan di lanjutkan dengan menumpang bus menuju Kapan, Kota Kecamatan Mollo Utara. Dari Kapan, Perjalanan dilanjutkan menuju Desa Fatumnasi yang berada di lereng Gunung Mutis dan merupakan pintu masuk untuk memasuki kawasan wisata Gunung Mutis ini.

Perjalanan Sejauh 15 km dengan menggunakan bus tersebut akan mengahantarkan pengunjung memasuki kawasan Objek Wisata Gunung Mutis Nusa Tenggara Timur. Sarana akomodasi dan fasilitas yang paling dekat dari kawasan wisata Gunung Mutis ini terdapat di Kapan. Anda dapat menjumpai rumah-rumah penginapan, rumah makan, toko-toko klontong, kios-kios cendera mata, warung telekomunikasi, gereja, dan lain-lain.

Itulah sedikit artikel tentang Objek Wisata Gunung Mutis Nusa Tenggara Timur pada kesempatan kali ini. Baca juga artikel Objek Wisata Objek Wisata Gunung Malino Makassar sebelumnya. Semoga salah satunya bisa menjadi tujuan wisata pegunungan Anda selanjutnya...