Objek Wisata Pantai Pasir Panjang Singkawang Kalimantan Barat

Pantai Pasir PanjangKota Singkawang dikenal sebagai kota Amoy dan Chinatown-nya Indonesia karena mayoritas penduduknya merupakan etnis Tionghoa. Mengunjungi kota yang berbatasan langsung dengan Serawak ini tentu belum lengkap bila belum mengunjungi Pantai Pasir Panjang. Pantai yang menjadi ikon pariwisata kota Singkawang dan salah satu Objek Wisata Alam Indonesia andalan Provinsi Kalimantan Barat ini telah dikembangkan menjadi sebuah paket wisata terpadu bernama Taman Pasir Panjang Indah (TPPI).

Dinamakan dengan Pantai Pasir Panjang karena pantainya membentang melengkungi laut lepas. Dari bibir Pantai Pasir Panjang, Anda dapat menikmati panorama laut biru, melihat hijaunya Pulau Lemukutan, Pulau Kabung, dan Pulau Randayan yang dipagari perairan Laut Natuna. Hamparan pasir pantainya yang luas dan bersih menjadikan kawasan Wisata Pantai Pasir Panjang ini nyaman digunakan untuk berjemur atau melakukan aktivitas olahraga, seperti voli dan sepak bola pantai.

Air lautnya yang jernih dan bersih sangat mendukung aktivitas Anda yang ingin berenang atau menyelam di Pantai Pasir Panjang ini. Ombak yang relatif besar tepat sekali digunakan sebagai arena berselancar dan area memancing. Suasana kawasan Objek Wisata Pantai Pasir Panjang ini kian ekslusif menjelang detik-detik terbenamnya matahari. Anda dapat menikmatinya dari pinggir pantai atau dari pondok-pondok yang banyak terdapat di kawasan tersebut. Bila bosan beraktifitas di Objek Wisata Pantai ini, Anda dapat melihat-lihat kehidupan masyarakat kampung nelayan yang tidak terlalu jauh dari lokasi pantai atau bersantai di shelter yang terdapat di Semenanjung Cinta.

Kota Singkawang berjarak sekitar 142 km dari Pontianak. Untuk Menuju Objek Wisata Pantai Pasir Panjang Singkawang, dari Bandara Supadio atau Terminal Bus Pontianak, Anda dapat naik taksi, travel, atau bus sampai Singkawang. Dari sana, Pantai Pasir Panjang berjarak 17 km dan dapat di tempuh dengan taksi, bus, atau minibus.

Hampir mirip dengan Objek Wisata Pantai Parai Tenggiri Sungailiat Bangka Belitung pada artikel sebelumnya, Objek Wisata Pantai Pasir Panjang Singkawang Kalimantan Barat ini juga sudah mendapat sentuhan modern. Di kawasan Pantai Pasir Panjang terdapat pusat informasi pariwisata, diskotek, persewaan speed boat, sepeda air, gokart, shelter-shelter, dan toko suvernir. Soal urusan makan, Anda tidak bakalan kesulitan mencarinya karena di kawasan ini terdapat restoran, kafe, warung makan, dan pedagang asongan. Begitu juga yang ingin menginap, tidak perlu repot membawa tenda atau sleeping bag karena di kawasan ini tersedia wisma dan hotel dengan berbagai tipe.