Objek Wisata Pulau Lengkuas Bangka Belitung

Pulau LengkuasPulau Lengkuas merupakan pulau kecil dengan luas kurang lebih 1 hektar yang terletak di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung. Pulau ini merupakan tempat yang benar-benar menyenangkan untuk melakukan berbagai wisata air seperti berenang, snorkeling, ataupun memancing. Air lautnya begitu jernih hingga di wilayah-wilayah yang dangkal. Anda dapat melihat ke dasar laut dan menyaksikan ikan-ikan yang berenang di dalamnya.

Di sekitar kawasan Wisata Pulau Lengkuas ini, terdapat pulau-pulau lain yang terdiri dari bebatuan granit yang sebagian yang sebagian besar diantaranya belum memiliki nama. Pulau-pulau yang sangat kecil ini dapat di tempuh dengan berjalan ataupun berenang melintasi laut dangkal yang kedalamannya tidak lebih dari 1,2 meter.

Anda yang berencana untuk mengunjungi Objek Wisata Pulau Lengkuas ini disarankan untuk memilih waktu yang tepat. Karena pada bulan-bulan tertentu. seperti pada bulan Desember hingga Januari, ombak akan lebih besar dari biasanya. Disamping itu, perjalanan juga tidak dapat dinikmati secara maksimal karena pada bulan-bulan tersebut hujan akan sering turun. Pada bulan Maret hingga November, ombak laut cenderung lebih tenang dan cuaca cerah dan sangat aman untuk melakukan pelayaran ke Pulau Lengkuas.

Sebuah mercusuar tua terdapat di Objek Wisata Pulau Lengkuas Bangka Belitung ini, yang dibangun pada tahun 1882 oleh Pemerintahan Belanda dan masih difungsikan sebagai penuntun lalu lintas kapal yang lewat maupaun keluar masuk Pulau Belitung. Anda dapat menaiki bangunan setinggi 50 meter ini. Dari atas sana, Anda dapat menikmati seluruh keindahan pulau.

Pulau Lengkuas dapat dicapai dari beberapa tempat, seperti dari Tanjung Kelayang, Tanjung Binga, ataupun Tanjung Tinggi. Dari ketiga tempat tersebut, Anda dapat menyewa perahu nelayan untuk digunakan menyeberang ke Pulau Lengkuas. Dari Tanjung Kelayang akan memakan waktu sekitar 20 menit, sementara jika melalui Tanjung Binga ataupun Tanjung Tinggi akan memakan waktu selama 45 menit. Tarifnya berkisar antara Rp 350 ribu hingga 500 ribuan, untuk satu unit perahu dengan kafasitas 10 orang penumpang.

Jika Anda ingin menginap, Anda dapat mencarinya di sekitar Tanjung Kelayang. Atau Anda juga bisa mencoba berkemah di Pulau Lengkuas dengan perbekalan dan peralatan sendiri.

Demikianlah artikel Objek Wisata Alam Indonesia tentang Objek Wisata Pulau Lengkuas Bangka Belitung pada kesempatan kali ini. Silahkan baca juga artikel Objek Wisata Pulau sebelumnya yaitu tentang keindahan panorama Objek Wisata Pulau Kumala Tenggarong Kalimantan Timur. Semoga salah satunya bisa menjadi referensi Anda untuk melakukan kunjungan wisata selanjutnya...