Objek Wisata Pulau Menjangan Taman Nasional Bali Barat

Pulau MenjanganJika Anda sudah menyelam dan bertualang di bawah laut, sempatkan datang ke Pulau Menjangan. ini adalah pulau yang berada dalam kawasan Taman Nasional Bali Barat (TNBB). Perairan disekitar Pulau Menjangan ini yang menjadi tujuan para pelancong, karena panorama dibawah laut yang sangat indah. Karang-karangnya menempel tersusun menyerupai terasering dan menempel di dinding hingga kedalaman 50 meter.

Anda yang datang ke kawasan Wisata Pulau Menjangan bisa menikmati berbagai jenis karang. Ada karang biru, karang meja, dan berbagai jenis karang lain yang dilindungi pemerintah. Konon, keindahan panorama bawah laut dikawasan ini tak kalah dibanding panorama bawah laut di Karibia. Tidak heran, sudah sejak lama kawasan ini menjadi ajang aktivitas menyelam para wisata asing.

Anda dapat menyeberang ke Objek Wisata Pulau Menjangan pada pagi hari dan kembali ke pulau Bali pada sore hari dengan menggunakan perahu motor. Penyeberangan dibutuhkan waktu sekitar 30 menit Untuk sampai ketempat menyelam, Anda dapat langsung ke Labuhan Lalang yang menjadi tempat penyeberangan. Lokasinya sekitar 10 km dari pelabuhan Gilimanuk.

Biaya sewa perahu adalah sekitar Rp 250.000,00/5 jam. Kapasitas penumpang adalah 12 orang. Yang khas dari perahu ini adalah bagian geladak yang terbuat dari kaca sehingga wisatawan bisa menikmati panorama bawah laut yang ada di Objek Wisata Pulau Menjangan Bali Barat ini.

Setidaknya terdapat 5.000 wisatawan yang berkunjung ke Objek Wisata Pulau Menjangan setiap bulannya. Sebagian besar adalah wisatawan asing asal eropa, seperti Belanda dan Prancis. Sebagian lainnya adalah turis asal Asia, seperti Korea dan Jepang.

Jika Anda menyelam, tapi khawatir tersesat dibawah laut, Anda bisa menyewa pemandu yang sudah berpengalaman. Anda juga bisa ber-snorkeling ria dan itu tidak kalah asyiknya. Setelah puas menyaksikan keindahan alam bawah laut, Anda bisa menghabiskan dengan duduk-duduk, berenang, atau mandi ditepi pantai pulau yang tak berpenghuni ini. Sesuai dengan namanya, pulau ini memang banyak di huni menjangan. Maka, jangan kaget bila Anda melihat spesies tersebut dihadapan Anda.

Demikianlah artikel Objek Wisata Alam Indonesia tantang Objek Wisata Pulau Menjangan Taman Nasional Bali Barat pada kesempatan kali ini. Telusuri juga Objek Wisata Pulau lainnya yang tidak kalah indah yaitu Objek Wisata Pulau Lengkuas yang ada di kepulauan Bangka Belitung. Semoga salah satunya bisa menjadi agenda tujuan wisata Anda selanjutnya...