Objek Wisata Pulau Moyo Sumbawa Nusa Tenggara Barat

Pulau Moyo1,5 km dari Pulau Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat, terdapat sebuah pulau kecil yang bernama Moyo. Sebagai salah satu Tujuan Wisata Pulau, Pulau Moyo memang tidak sepopuler pulau-pulau yang menjadi surga wisata lainnya, seperti Pulau Bali ataupun Pulau Lombok. Namun, siapa sangka bahwa Objek Wisata Alam Indonesia ini telah menjadi salah satu tujuan wisata kelas dunia yang kerap dilirik oleh para selebritis, seperti Almarhum Putri Diana dan Mick Jagger, yang pernah merasakan Wisata Pulau Moyo ini.

Objek Wisata Pulau Moyo memiliki luas 330 km dengan variasi ketinggian dari 0-648 mdpl. Dengan variasi ketinggian tersebut, tak heran jika Pulau Moyo memiliki beragam kekayaan alam. Mulai dari hutan hujan, hutan bakau, hingga padang rumput (savana). Selain itu, Anda dapat melihat ratusan kupu-kupu yang beterbangan, pepohonan dengan berbagai ukuran, dan beragam burung. Bergam jenis ikan dan terumbu karang pun juga terdapat dipulau yang memiliki garis pantai sejauh 88 km ini.

Dengan berwisata ke Pulau Moyo, Anda dapat melakukan beragam kegiatan, seperti hiking di hutan dengan keindahan yang masih alami, menyelami keindahan bawah laut, ataupun sekadar bersantai dipantai. Memasuki kawasan hutan di Pulau Moyo, Anda dapat menikmati keindahan alam yang jarang tersentuh, menyusuri sungai-sungaiyang ada di kawasan hutan, dan menikmati keindahan Air Terjun Brang Rea. Untuk menuju lokasi air terjun ini, Anda dapat melakukan trekking sekitar 2 jam dari Desa Labuan Haji. Di samping Brang Rea, juga terdapat air terjun berundak yang bernama Mata Jitu.

Puas menikmati keindahan daratan Objek Wisata Pulau Moyo Sumbawa, agenda lain yang dapat dilakukan adalah menyelami keindahan bawah laut. Beragam jenis terumbu karang dapat dinikmati, baik dengan snorkeling maupun diving. Dahulu, keragaman terumbu karang di pulau ini sempat mengalami kerusakan yang disebabkan pemboman oleh nelayan. Namun, seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat setempat mengenai kelestarian alam, terumbu karang di pulau ini pun mulai pulih kembali.

Menjelajahi pesona bawah air di Pulau Moyo, selain menikmati terumbu karang, juga dapat menyaksikan beragam ikan, seperti ikan hiu dengan panjang kurang lebih 2m, anemon, pelagik, belut, gropuers, dan manta. Usai menikmati berbagai petualangan seru di Pulau Moyo, Anda dapt beristirahat sejenak dengan menikmati panorama matahari tenggelam. Untuk mencapai objek wisata ini, Anda bisa menyewa speed boat yang digunakan untuk menyebrang ke Pulau Moyo dengan waktu tempuh 15 menit.

Pengelolaan Pulau Moyo ditangani oleh pihak swasta. Maka tak heran, jika untuk mengakses dan menikmati seluruh keindahan dan petualangan di Pulau Moyo, diperlukan dana yang cukup besar. Bagi pengunjung yang berlibur di pulau ini, pihak pengelola mensyaratkan adanya deposit (uang jaminan) sebesar 5.000 USD. Keharusan adanya deposit ini bertujuan untuk memastikan bahwa wisatawan yang datang memiliki cukup uang untuk membayar paket wisata yang ditawarkan.

Menikmati keseluruhan surga Objek Wisata Pulau Moyo Sumbawa Nusa Tenggara Barat, tentulah tidak cukup dalam waktu sehari. jika ingin menginap, di pulau ini terdapat resor yang menyediakan fasilitas menginap dengan menggunakan tenda yang terjamin aman. Selain itu, karena pengunjung Pulau Moyo berasal dari mancanegara, maka tak heran jika dipulau kecil ini juga tersedia fasilitas internet dan dokter.

Jangan lupa untuk melihat juga keindahan panorama Objek Wisata Pulau Menjangan yang merupakan salah satu Taman Nasional di Bali Barat yang patut Anda kunjungi...