Objek Wisata Air Terjun Grojogan Sewu Pujon Malang Jawa Timur

Air Terjun Grojogan Sewu Pujon MalangKabupaten Malang di Jawa Timur memiliki hawa yang sejuk. Kota yang sangat terkenal dengan kuliner bakwan Malangnya ini memang merupakan kawasan pegunungan. Malang juga sangat identik dengan Objek Wisata Alam. Hal ini dikarenakan beberapa kawasan di Malang merupakan dataran tinggi, di antaranya seperti Kecamatan Batu, Pujon dan Ngantang. Di banyak dataran tinggi di Kota Malang inilah, Anda akan menjumpai beberapa tempat wisata berupa air terjun atau biasa disebut coban dalam bahasa Jawa. Salah satunya adalah Air Terjun Coban Sewu atau Air Terjun Grojogan Sewu.

Kawasan Wisata Air Terjun Grojogan Sewu atau Coban Sewu terletak di Dusun Tretes, Desa Bendosari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Dari Kota Malang berjarak sekitar 63 km. Air terjun ini berada tidak jauh dari jalan raya yang menghubungkan Batu dengan Kediri. Dari jalan utama itu, Grojogan Sewu sudah terlihat jelas karena letaknya hanya sekitar 100 m dari jalan raya. Jika dari Kota Malang, posisinya berada di sisi sebelah kiri jalan raya, sekitar 1 km sebelum Jembatan Ngeprih.

Bagi pengunjung yang ingin mengunjunginya, sudah ada sarana angkutan umum dari Kota Malang jurusan Kediri berupa bus. Memang namanya mirip dengan air terjun Grojogan Sewu yang berada di Karanganyar, Jawa Tengah. Tetapi, air terjun Grojogan Sewu ini dikenal juga dengan nama Coban Sewu.

Untuk menuju Objek Wisata Air Terjun Grojogan Sewu Anda harus berjalan kaki terlebih dahulu, karena memang akses jalannya hanya memungkinkan bagi pejalan kaki saja. Pengunjung harus melewati sebuah jembatan gantung yang menghubungkan jalan raya ke Grojogan Sewu. Di bagian atas jembatan gantung tersebut terpampang papan nama air terjun ini. Jembatan gantung tersebut cukup kokoh dan indah yang melintang di atas Sungai Konto. Di dekat jembatan gantung tersebut, pengunjung bisa menitipkan kendaraan bermotor cukup dengan Rp 2000.

Setelah itu, pengunjung bisa menyusuri jalan setapak berupa tanah liat. Jalan setapak tersebut berlanjut dengan jalan setapak yang agak terjal dan berada di antara hamparan sawah yang cukup luas. Jadi, jika Anda mengunjunginya pada musim penghujan jalan setapak itu becek. Air sungai yang mengalir, bebatuan sungai dan panorama sekitar yang menawan akan membuat pengunjung akan merasa betah berlama-lama di sana. Persawahan yang cukup luas menambah daya tarik tersendiri di sekitar lokasi air terjun tersebut.

Setelah berjalan sekitar 20 menit dari tempat penitipan sepeda, pengunjung akan sampai ke Grojogan Sewu. Untuk memasuki lokasi wisata air terjun ini, pengunjung tidak dipungut biaya masuk. Pengunjung hanya menyumbangkan uang seikhlasnya. Kondisi Air Terjun Grojogan Sewu sendiri masih begitu asri dan terawat. Keberadaan pepohonan di sekitar air terjun yang masih terjaga turut memberikan kesan teduh dan sejuk. Debit airnya yang deras menimbulkan udara dingin di sekitar lokasi air terjun. Selain karena keasriannya, air terjun ini juga sering dikunjungi karena dipercaya khasiatnya untuk penyembuhan. Bagi yang percaya, khasiatnya macam-macam. Di tempat wisata ini sudah terdapat sarana ibadah berupa musala kecil dan juga toilet yang terlihat baru dibangun.

Di lokasi Objek Wisata Air Terjun Grojogan Sewu Malang ini juga terdapat sebuah sebuah padepokan bernama Padepokan (Balai) Sapto Pratolo. Di sisi air terjun terlihat banyak dupa dan sesajen di bawah pohon beringin. Padahal di pohon beringin tersebut sudah terdapat papan himbauan untuk tidak mengkeramatkan tempat tersebut. Konon, penggagas pembangunan prasarana tersebut adalah seorang keturunan Tionghoa yang merasa sangat bersyukur karena telah sembuh dari sakit yang diderita setelah rutin melakukan therapy di Air Terjun Grojogan Sewu ini.

Saat ini air terjun tersebut telah dimanfaatkan oleh penduduk sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA) mikro. Sayangnya, lokasi wisata ini harusnya lebih ciamik lagi jika dikelola dengan baik. Tempat jatuhnya air yang berada di kolam agak kotor. Dan suasana air terjun yang terkesan agak mistis, sepertinya kurang cocok untuk wisata keluarga. Selain itu, jalan masuk menuju air terjun hanya bisa dilalui oleh pejalan kaki saja. Seandainya dibangun jalan yang mulus, mobil pasti bisa sampai ke lokasi tersebut. Lalu didirikan berbagai fasilitas yang mendukung, pasti lokasi wisata ini akan lebih ramai dikunjungi wisatawan.

Demikianlah salah satu Objek Wisata Alam Indonesia yang wajib Anda kunjungi berupa Objek Wisata Air Terjun Grojogan Sewu Malang Jawa Timur pada kesempatan kali ini. Lihat juga rekomendasi Objek Wisata Air Terjun lainnya berupa Objek Wisata Air Terjun Cinulang yang terdapat di Bandung. Semoga salah satunya bisa menjadi tujuan wisata Anda berikutnya...