Objek Wisata Danau Napabale Muna Sulawesi Tenggara

Danau NapabaleDanau Napabale merupakan danau air asin yang terletak di kaki bukit Desa Lohia, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara. Danau ini berlahan dengan laut yang dihubungkan oleh terowongan alam sepanjang 30 m dengan lebar 9 m. Melalui terowongan tersebut, Danau Napabale memperoleh suplai air dari laut. Jumlah debit air Danau Napabale ini sangat tergantung dengan pasang surutnya air laut. Jika air laut pasang, maka permukaan danau ikut naik dan terowongan penghubung akan tertutup oleh air. Tetapi, jika air laut surut, maka air danau berkurang. Terowongan itu juga sering digunakan oleh para nelayan sebagai jalur ketika akan berangkat atau pulang dari laut.

Mengunjungi kawasan Wisata Danau Napabale, Anda dapat menikmati dua pesona wisata sekaligus, yaitu danau dan pantai. Keindahan danau bisa dinikmati sembari berlayar di atas sampan atau dengan menyelam sembari menyaksikan pemandangan bawah air yang menakjubkan. Anda juga dapat minta bantuan pada nelayan agar mengantar Anda dengan sampan hingga ke tengah danau, di mana terdapat sebuah pulau karang yang menghijau ditumbuhi pepohonan.

Jika sudah puas dengan suasana danau, Anda dapat menyeberangi melewati terowongan menuju tepi pantai. Di pantai tersebut, Anda dapat berantai, bermain ombak, atau berjemur di tepi pantai tersebut, Anda dapat bersantai, bermain ombak, atau berjemur di tepi pantai.

Ada 2 alternatif perjalanan untuk mencapai Objek Wisata Danau Napabale, yaitu menggunakan kapal laut atau pesawat perintis. Jika menggunakan kapal laut, perjalanan di mulai dari Pelabuhan Nusantara yang terdapat di Kendari menuju Pelabuhan Raha di Raha (ibu kota Kabupaten Muna) dengan waktu tempuh sekitar 4 jam. Dari Pelabuhan Raha, Anda dapat melanjutkan perjalanan menggunakan katinting (perahu bermesin) menuju Teluk Muna dengan waktu tempuh sekitar 15 menit.

Sementara itu, jika menggunakan pesawat perintis, perjalanan dimulai dari Bandara Walter Monginsidi yang terletak di Kendari menuju Bandara Sugimanuru yang terdapat di Kabupaten Muna, 25 km dari Kota Raha. Setelah sampai di Bandara Sugimanuru, perjalanan di lanjutkan ke Raha menggunakan angkutan umum dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Selanjutnya, dari kota Raha perjalanan dilanjutkan ke Objek Wisata Danau Napabale Muna dengan menggunakan taksi atau objek dengan waktu tempuh sekitar 20 menit.

Bagi Anda yang ingin menjelajahi Objek Wisata Danau Napabale Muna Sulawesi Tenggara, terdapat penyewaan perahu yang disediakan oleh nelayan sekitar. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan pengemudi perahu sebagai pemandu wisata. Jika ingin bermalam, Anda disarankan membawa perlengkapan tidur, seperti tenda, tas tidur, jaket, serta perlengkapan masak. Di Danau Napabale belum ada fasilitas penginapan hotel, losmen, maupun home stay. Jika Anda membutuhkan penginapan yang nyaman dengan fasilitas lebih lengkap, Anda bisa menuju Raha.

Itulah sedikit ulasan Objek Wisata Alam Indonesia tentang Objek Wisata Danau Napabale Muna Sulawesi Tenggara pada kesempatan kali ini. Lihat juga Objek Wisata Danau sebelumnya yaitu Objek Wisata Danau Kelimutu yang terdapat di Flores Nusa Tenggara Timur . Semoga salah satu danau ini bisa menjadi tempat tujuan wisata favorit Anda...