Objek Wisata Pantai Congot Kulon Progo Yogyakarta

Pantai CongotMemang banyak alasan yang bisa dijadikan dasar mengunjungi sebuah pantai. Selain keindahan panoramanya, nilai sejarahnya, dan pastinya aktifitas kehidupan pantai itu sendiri merupakan daya tarik dari sebuah pantai. Dan jika Anda ingin melihat aktifitas pantai yang alami dengan kehidupan nelayannya, maka Pantai Congot patut Anda kunjungi.

Lokasi kawasan Wisata Pantai Congot tidak jauh dari kawasan Wisata Pantai Glagah. Kedua pantai itu berjarak sangat dekat dan dihubungkan oleh jalan beraspal halus yang bahkan cukup mudah ditempuh menggunakan sepeda. Oleh karenanya, ketika Anda mengunjungi Pantai Congot, maka sangat disayangkan jika tidak sekalian mengunjungi Pantai Glagah.

Objek Wisata Pantai Congot terletak di Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Pantai Congot menjadi pusat kegiatan warga sekitar yang menggantungkan hidup dengan mencari ikan. Aktivitas para nelayan menjadi pesona tersendiri bagi kawasan pantai ini. Para nelayan menebarkan jalan di tepi pantai, membersihkan perahu dan menghancurkan cangkang ranjungan yang melekat di jala.

Di sepanjang garis Pantai Congot ini, para pengunjung bisa melihat kegiatan masyarakat sekitar dan wisatawan lokal memuaskan kegemarannya memancing. Pagi hari menjadi saat yang tepat bagi pengunjung untuk melihat keramaian para nelayan dengan kegiatan sehari-harinya. Deru-deru mesin kapal melaju menebar jala menangkap ikan, dan menjelang siang kembali membawa hasil tangkapannya yang kemudian dibawa ke tempat pelelangan ikan di wilayah tersebut.

Di Objek Wisata Pantai Congot Kulon Progo, para pengunjung bisa menikmati keindahan pemandangan muara Sungai Bogowonto, disepanjang tepian hilir sungai. Dari muara inilah Pantai Congot kaya beragam jenis ikan dalam jumlah yang cukup banyak, dan menjadikannya sebagai mata pencaharian nelayan sekitar pantai.

Untuk mengunjungi Objek Wisata Pantai Congot Kulon Progo Yogyakarta ini, Anda tak perlu membayar biaya tambahan. Kunjungan ke pantai ini sudah termasuk dalam tiket wisata menuju Pantai Glagah. Letak Pantai Congot yang sangat dekat dengan Pantai Glagah tentu cukup menjadi alasan untuk mengunjunginya. Nuansa nelayan dan perikanan yang begitu kuat menjadikan pantai ini tetap memiliki kekhasan dan tak bisa begitu saja disamakan dengan Pantai Glagah.

Demikianlah salah satu kekayaan Objek Wisata Alam Indonesia berupa Objek Wisata Pantai Congot Kulon Progo Yogyakarta pada kesempatan kali ini. Bandingkan juga dengan keindahan Objek Wisata Pantai sebelumnya yaitu Objek Wisata Pantai Drini yang juga terdapat di Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Semoga salah satu pantai ini bisa menjadi agenda perjalanan wisata Anda berikutnya...